Pakar Sebut Pasien Covid-19 Banyak Menerima Ivermectin, Terbukti Hambat Virus Corona

Pakar Sebut Pasien Covid-19 Banyak Menerima Ivermectin, Terbukti Hambat Virus Corona

Foto
dr. Budhi Antariksa, Sp.P, seorang dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) RSUP Persahabatan

Ivermectin sebagai obat terapi pasien covid-19 masih jadi isu utama perbincangan publik. Seorang pakar menegaskan bahwa pasien covid-19 telah banyak yang konsumsi Ivermectin dan terbukti ampuh hambat Virus Corona dalam tubuh. 

dr. Budhi Antariksa, Sp.P, seorang dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) RSUP Persahabatan membagikan pengetahuannya seputar Ivermectin dan pengalamannya dalam menggunakan obat tersebut.  

Baca juga: Penelitian Ivermectin, Obat Terapi Covid yang Terbukti Percepat Rawat Inap    

Ivermectin diberikan kepada pasien covid-19


Menurutnya Ivermectin secara pengertian adalah sebuah obat untuk parasit. Namun demikian, menurutnya Ivermectin memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan virus dalam tubuh. Oleh sebab itu, dirinya mengungkapkan bahwa merujuk pada salah satu jurnal ilmiah obat Ivermectin memang sudah banyak digunakan oleh pasien yang terjangkit Virus Corona. 

"Ivermectin adalah suatu obat untuk parasit, akan tetapi dia punya kemampuan untuk menghambat replikasi dari virus. Kalo kita membaca dari Jurnal Potential Therapeutic Options for COVID-19: Current Status banyak sekali obat-obat yang diberikan kepada covid-19 ini, salah satunya Ivermectin," ungkap dr. Budhi Antariksa, Sp.P Rabu 23 Juni 2021. 

Ivermectin terbukti hambat Virus Corona


Penggunaan obat Ivermectin pada pasien terinfeksi Covid-19 tentunya memiliki dasar medis. Menurutnya salah satu manfaat dari obat Ivermectin adalah mampu menghambat replikasi atau perkembangan virus dalam tubuh pasien yang terjangkit Covid-19. Penggunaan yang tepat dan teratur terbukti bisa mematikan Virus Corona secara perlahan 

"Ivermectin ini bekerjanya sebagai penghambatan replikasi virus. Jadi virus itu melakukan kembang biaknya melalui replikasi setelah masuk ke dalam inang, ke dalam tubuh manusia. Ivermectin ini menghambat hal itu. Jadi pertumbuhan virusnya tidak bertambah sehingga pada satu waktu dia akan habis sendiri, ungkapnya. 

Ivermectin untuk mencegah dan terapi penyembuhan covid-19


Selain itu, dari hasil kajian jurnal yang dia baca ternyata terdapat fakta yang menarik. Menurutnya dalam beberapa jurnal menyebutkan bahwa obat Ivermectin memiliki dua manfaat. Pertama, obat Ivermectin memiliki manfaat sebagai obat terapi dari Covid-19. Kedua, Ivermectin ternyata memiliki manfaat sebagai pencegahan dari terpapar Virus Corona.  

"Ada beberapa jurnal yang memang melihat kemampuan dari Ivermectin. Ternyata memang ada dua kemungkinan dari Ivermectin ini. Pertama adalah sebagai obat kuratif. Jadi untuk terapi dari covid-19. Satu lagi sebagai profilaksis," tuturnya.

Baca juga: Erick Thohir sebut Obat Ivermectin Sudah Disetujui BPOM, Ini Aturan Penggunaan untuk Pengobatan Covid-19   

Dokter konsumsi Ivermectin, terbukti lolos dari covid-19


Untuk manfaat kedua, dr. Budhi menceritakan beberapa pengalaman yang dialami teman sejawatnya sesama dokter yang mengkonsumsi obat Ivermectin untuk pencegahan. Dirinya menceritakan beberapa rekan dokternya yang konsumsi obat Ivermectin secara teratur dan tepat dosis terbukti bisa lolos dari infeksi Virus Corona. 

"Profilaksis itu dari beberapa teman sejawat yang mungkin sudah memakaikan Ivermectin kepada pasiennya itu pernah memakai Ivermectin sebagai profilaksis. Jadi mereka biasanya minum obat Ivermectin itu pada hari satu, ketiga, dan kelima setiap awal bulan. Ada juga yang setiap dua minggu sekali. Ternyata beberapa nakes-nakes dalam hal ini kebanyakan dari dokter bisa lolos dari covid-19," kisahnya.