Fakta-fakta Wacana Pemberian Dosis Ketiga Vaksin Sinovac, Tingkatkan Antibodi hingga Perlu Data Ilmiah

Fakta-fakta Wacana Pemberian Dosis Ketiga Vaksin Sinovac, Tingkatkan Antibodi hingga Perlu Data Ilmiah

Foto
Ilustrasi Vaksin Sinovac. Foto: Pixabay

Wacana pemberian dosis ketiga vaksin Sinovac berawal dari klaim salah satu produsen vaksin Covid-19 asal China yang menyebutkan dapat tingkatkan antibodi hingga berpuluh-puluh kali lipat. Berikut faktanya.

Dilansir dari Global Times, Kamis 10 Juni 2021, Kepala Produsen Vaksin Sinovac, Yin Weidong mengatakan, hasil uji klinis fase II kepada sejumlah relawan yang telah menerima dosis ketiga vaksin Sinovac pada tiga hingga enam bulan yang lalu menunjukan, terdapat peningkatan antibodi sebanyak sepuluh hingga dua puluh kali lipat.

Baca Juga: Fakta-fakta Rhoma Irama Raja Dangdut yang Jago Silat, Pernah Dikeroyok 15 Orang

"Terdapat lonjakan antibodi pada sejumlah relawan yang telah menerima dosis ketiga vaksin Sinovac setelah tiga hingga enam bulan setelah pemberian vaksin Covid-19 itu," kata Yin Weidong.

Perlu Data Ilmiah

Sayangnya, meskipun ini kabar yang sangat menggembirakan, Kepala Produsen Vaksin Sinovac itu mengatakan, pihaknya masih sangat perlu data ilmiah untuk melakukan uji coba lanjutan hingga siap diberikan kepada masyarakat umum.

Tentu saja hal ini menjadi fakta wacana pemberian dosis ketiga vaksin Sinovac. 

Perangi Mutasi Baru Corona

Pemerintah China sendiri hingga kini masih memerangi mutasi corona yang semakin berkembang. 

Baca Juga: Resep Lengkap Cara Membuat Sop Daging Sapi, Menu Makan Malam Gurih dan Menghangatkan

Dengan data ilmiah para penerima dosis ketiga vaksin Sinovac yang tengah dianalisis, pemerintah China akan menjadi penentu kapan pemberian dosis ketiga vaksin Sinovac tersebut pada masyarakat umum. 

Hasilkan Memori Kekebalan Tubuh

Sebenarnya, kata Yin Weidong, pemberian dosis kedua vaksin kedua vaksin Sinovac memberikan memori kekebalan tubuh dari virus corona yang menghasilkan pandemi Covid-19.