Cerita Mistis di Curug Gending Asmoro Semarang, Konon Ada Suara Gamelan Gaib

Cerita Mistis di Curug Gending Asmoro Semarang, Konon Ada Suara Gamelan Gaib

Foto
Curug Gending Asmoro di Semarang (foto: explorewisata.com)

Dibalik keindahan Curug Gending Asmoro yang berada di Desa Kalongan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang ternyata memiliki cerita mistis. Pasalnya, banyak orang percaya dengan adanya suara gamelan gaib di sekitar curug tersebut.

Tidak hanya itu, lokasi itu juga dikeramatkan oleh warga sekitar.”Orang dulu sering nyebut nggon wingit. Tidak ada yang berani menjamah daerah ini secara sembarangan,” kata Kepala Desa Kalongan Yarmuji.

Baca Juga: Cerita Mistis di Batu Bureh Gombel Lama, Konon Tempat Berkumpul Makhluk Gaib

Yarmuji bercerita, "ketika itu, ada salah satu pekerja yang sedang cek lokasi untuk memasang jembatan penghubung. Saat itu lah ia mendengar suara gamelan. Merasa penasaran, ia pun mencoba mencari sumber suara tersebut. Setelah ditelusuri, suara berasal dari air terjun. “Langsung merinding. Padahal saat itu masih siang,” ceritanya.

Baca Juga: Cerita Mistis Warga Kapuas Hulu Saat Tersesat di Hutan, Mengaku Bertemu Dua Orang Misterius

Sementara salah satu warga sekitar bernama Srimulyo menceritakan, memang tidak semuanya bisa mendengar. Hanya orang-orang tertentu. Selain suara, warga juga pernah melihat penampakan gamelan di areal curug. Bahkan warga sempat menggunakan gamelan tersebut untuk hajatan.

Sejak dulu warga Desa Kalongan yang sedang ingin membuat hajatan besar, tidak perlu menyewa alat-alat gamelan. Warga hanya perlu melakukan ritual di sekitar lokasi curug. Beberapa hari kemudian alat-alat gamelan itu sudah ada di lokasi curug. Setelah selesai digunakan, dikembalikan lagi. 

Baca Juga: Cerita Mistis Rumah Mewah Terbengkalai di Parongpong, Dicap Angker hingga Warga Kerap Mengalami Hal Ganjil

“Tapi sekarang suara itu tidak mesti terdengar. Justru yang sering mendengar orang-orang luar desa,” ujarnya. 

Cerita gamelan gaib yang ada di Curug Gending menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Banyak orang melancong ke tempat tersebut, selain untuk membuktikan suara gamelan gaib, juga menikmati keasrian alam Curug Gending.