Cerita Mistis Rumah Mewah Terbengkalai di Parongpong, Dicap Angker hingga Warga Kerap Mengalami Hal Ganjil

Cerita Mistis Rumah Mewah Terbengkalai di Parongpong, Dicap Angker hingga Warga Kerap Mengalami Hal Ganjil

Ekel Suranta Sembiring
2021-05-30 02:42:22
Cerita Mistis Rumah Mewah Terbengkalai di Parongpong, Dicap Angker hingga Warga Kerap Mengalami Hal Ganjil
Rumah Mewah Angker di Parongpong (foto YouTube Sang Penjelajah Amatir)

Sebuah rumah mewah yang sudah lama terbengkalai berada di  Kampung Cihanjuang, RT 03/08, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) memiliki cerita mistis. Rumah itu juga dicap angker dan banyak warga mengaku mengalami hal ganjil.

Seperti yang dikatakan oleh Nenih (60), warga yang rumahnya berada persis di balik benteng tinggi pembatas rumah terbengkalai. Ia acap kali mendengar suara ramai dari area rumah terbengkalai tersebut. Tak terlalu sering, namun beberapa kali saat malam hari suaranya terdengar jelas baginya.

Baca Juga: Cerita Mistis Warga Kapuas Hulu Saat Tersesat di Hutan, Mengaku Bertemu Dua Orang Misterius

"Ya sempat dengar beberapa kali, seperti ada keramaian di rumahnya. Padahal kan sudah lama enggak ada penghuninya," kata Nenih seperti dikutip dari detikcom, Minggu (30/5/2021).

Belum lagi bau kemenyan yang menyeruak tatkala dirinya sedang beres-beres makam keluarganya. Kebetulan makam keluarga itu berada tepat di sebelah benteng bagian belakang rumah mewah tersebut.

"Selama saya ngurus makam keluarga engga pernah kecium bau menyan. Tapi waktu itu sekali pernah cium bau menyan 'ngahiliwir' dari dalam rumah itu. Ya kaget, buru-buru pulang," terangnya.

Baca Juga: Cerita Mistis Bukit Mendelem Pemalang, Objek Wisata Indah dan Tempat Petilasan Para Raja dan Presiden

Anak penjaga rumah tersebut Encang (30), mengatakan wajar bila warga di sekitar rumah terbengkalai ini kerap mendapati hal-hal di luar nalar yang berkaitan dengan kehadiran sosok astral.

Ia menyebut ada beberapa bagian di dalam halaman rumah yang dulunya berupa makam. Makam itu sendiri merupakan makam warga setempat yang tanahnya dibeli oleh pemilik pertama.

"Ya kalau kejadian seperti itu (mistis) pasti ada, saya juga beberapa kali mengalami seperti dengar suara dan lihat penanpakan perempuan tapi karena sudah terbiasa jadi enggak terlalu kaget. Sebenarnya di halaman rumah itu ada yang dulunya tanah makam, tapi dibeli dan sekarang jadi bagian rumah ini," kata Encang.

Baca Juga: Cerita Mistis Penggalian 59 Makam di Kelurahan Sekumpul, Jenazah Berbau Harum hingga Ada yang Keserupan

Suasana mistis yang terpancar dari rumah itu pastinya disebabkan oleh kondisi rumah yang tak terurus dan berantakan ditambah banyaknya taman liar yang menutupi bagian rumah hingga terkesan angker.

"Ini kan rumahnya juga dikelilingi pohon yang besar-besar, jadi mungkin banyak yang merasa seram karena sudah lama juga dibiarkan tanpa dirawat. Wajar sebetulnya, tapi kalau warga ya sudah biasa," tandasnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30