Daftar Tanaman Hias Berdaun Lebar Dapat jadi Titik Fokus di Ruangan Rumah

Daftar Tanaman Hias Berdaun Lebar Dapat jadi Titik Fokus di Ruangan Rumah

Foto
Philodendron xanadu (foto: growersflowermarket.com)

Kita ketahui saat ini tanaman hias sangat populer untuk dijadikan dekorasi rumah. Mulai dari tanaman hias daun, bunga, atau herbal yang selalu diburu untuk menghias rumah.

Dilansir dari The Spruce, untuk mendekorasi ruangan besar, Anda dapat memilih tanaman hias yang memiliki daun lebar, sehingga dapat menjadi sebuah titik fokus di dalamnya.

Berikut tanaman hias berdaun lebar dapat jadi titik fokus di ruangan rumah:

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Dapat Dinginkan Ruangan Rumah

1. Monstera deliciosa 

(foto: plants.ces.ncsu.edu)

Ya, Monstera deliciosa merupakan salah satu tanaman hias berdaun lebar yang dapat menambahkan nuansa tropis ke ruangan mana pun. 

Saat ditanam di dalam ruangan, tanaman dapat tumbuh hingga 3 meter, dengan panjang daun hingga tiga hingga empat kaki. 

Sayangnya, Monstera deliciosa agak beracun bagi kucing, anjing, dan manusia saat tertelan, dan dapat menyebabkan sakit perut dan iritasi kulit di sekitar mulut. 

Monstera menyukai cahaya terang namun tidak langsung dan penyiraman setelah tanahnya terasa kering.

2. Kuping gajah 

(foto: Dekoruma)

Tanaman kuping gajah mungkin biasa ditanam di luar ruangan, tetapi mereka juga bisa menjadi tanaman hias yang besar dan menarik perhatian. Daun tanaman kuping gajah bisa tumbuh hingga 90 cm panjangnya, tergantung varietasnya. 

Jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, karena dapat menjadi racun jika tertelan. Kuping gajah menyukai cahaya terang namun tidak langsung, serta jaga tanah tetap lembab dan mereka membutuhkan tanah yang subur dan kaya gambut.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Kaktus Tidak Berduri, Unik Lho!

3. Philodendron xanadu 

(foto: growersflowermarket.com)

Daun Philodendron xanadu yang besar, kasar, dan melengkung akan menjadikannya titik fokus di ruangan mana pun. Saat tanaman matang, daun lebih banyak. 

Setiap daun dapat tumbuh hingga panjang 40 cm dan lebar 30cm. 

Tanaman rumah ini adalah tanaman lain yang beracun bagi manusia dan hewan peliharaan jika tertelan. Yang terbaik adalah menjauhkannya dari jangkauan anak kecil, kucing, dan anjing.

4. Rubber plant 

(foto: sunnyside-gardens.com)

Tanaman yang lebih sering dikenal dengan pohon karet adalah tanaman hias populer yang dapat ditemukan dalam berbagai warna dan bentuk. Daunnya yang besar dan seperti lilin adalah titik fokus dari tanaman hias tropis ini.

Saat tumbuh di habitat aslinya, pohon karet bisa tumbuh sangat tinggi. Namun, bila ditanam di dalam ruangan, ukuran dan bentuknya dapat dikontrol melalui pemangkasan dan pembatasan akar. 

Tanaman tropis ini membutuhkan sinar matahari langsung yang cerah untuk tumbuh subur di dalam ruangan. Jika tertelan, pohon karet dapat menjadi racun ringan bagi kucing, anjing, dan manusia.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Paling Unik, Sudah Punya?

5. Fiddle leaf fig 

(foto: michlers.com)

Fiddle leaf fig atau yang sering dikenal dengan pohon ara biola adalah tanaman hias populer yang dapat diletakkan di ruangan mana pun. Mereka dicirikan oleh daun besar, lilin, berbentuk biola dan dapat dipangkas menjadi berbagai bentuk berbeda. 

Terlepas dari popularitasnya, tanaman tanaman ini terkenal sulit dirawat. Namun, dalam kondisi perawatan yang tepat, tanaman ini dapat tumbuh menjadi pohon berukuran penuh. 

Ketika ditanam di dalam ruangan, ukurannya biasanya dibatasi dengan ditanam dalam pot dan pemangkasan yang hati-hati. Daun daun ara beracun bagi manusia, kucing, dan anjing jika tertelan. 

Tanaman ini menyukai cahaya terang namun tidak langsung dan pastikan media pot memiliki drainase yang baik.