Daftar Tanaman Hias Dapat Dinginkan Ruangan Rumah

Daftar Tanaman Hias Dapat Dinginkan Ruangan Rumah

Foto
Ilustrasi Ruangan Rumah Dingin (foto: Kompas.com)

Tanaman hias tidak hanya berguna mempercantik rumah dan mengobati kebosanaan saat dirumah saja. Bahkan ada beberapa tanaman hias dapat mendinginkan ruangan rumah.

Nah, bagi kamu yang merasakan ruangan rumah terasa panas. Santai, kita akan berikan solusinya dengan meletakkan beberapa tanaman hias yang dapat membuat suhu ruangan rumah kamu terasa dingin.

Langsung saja, berikut daftar tanaman hias dapat dinginkan ruangan:

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Paling Unik, Sudah Punya?

1. Ficus benjamina 

(foto: vizpark.com)

Tanaman ini dapat membantu menjaga udara di dalam tetap lembap dan sejuk. Batang tinggi dengan puncak atau daun yang lebat bisa berfungsi sebagai kanopi hutan kecil untuk tanaman lain yang berada di bawah atau sekitarnya.

Dengan mengelompokkan tumbuhan bersama-sama, mereka akan menciptakan ekosistem atmosfer kecil mereka sendiri yang meningkatkan kelembaban di sekitarnya. 

Pastikan untuk menyiram secara teratur selama bulan-bulan musim panas dan letakkan ficus Anda dalam cahaya sedang sehingga dapat menyerap sinar matahari.

2. Rubber plant atau tanaman karet 

(foto: Tribun News)

Rubber plant dapat meningkatkan kelembaban di dalam ruangan serta memberikan efek pendinginan. Selain itu, tanaman hias ini sangat efektif dalam mengisi kembali kelembaban di udara. 

Semakin banyak dedaunan yang dimiliki tanaman, dan semakin besar daunnya, semakin banyak kelembaban yang akan dilepaskannya kembali ke udara.

Tanaman ini akan menyerap air melalui akarnya, dan kemudian melepaskan kelembapan melalui pori-pori yang terletak di bagian bawah daun atau daunnya. 

Beri sedikit air agar tanah tetap lembab secara merata, dan letakkan di tempat yang terang, tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung yang cerah.

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Daun Berbentuk Keriting dan Gelombang, Memberikan Pemandangan yang Unik

3. Aglonema 

(foto: Pikiran Rakyat)

Tanaman yang memiliki popularitas ini, juga memiliki kemampuan untuk memurnikan racaun di udara. Oleh karena itu, tanaman ini juga memiliki tingkat transpirasi tinggi yang akan membantu melembabkan udara di sekitarnya.

Aglonema tersedia dalam banyak varietas yang menarik, beberapa memiliki dedaunan yang cukup beraneka ragam. 

Akan tetapi, bagian terbaiknya adalah kualitas perawatannya yang rendah yakni hanya membutuhkan sedikit air dan cahaya redup. Jadi, tanaman ini adalah pilihan sempurna untuk mengisi area yang jarang ada tanaman di dalam rumah.

4. Palem mini  

(foto: Fabelio)

Daun hijau dari pohon palem memiliki stoma kecil yang menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Semakin besar permukaan daun, semakin banyak oksigen yang dapat dihasilkannya.

Susunan pohon palem tidak hanya indah untuk dilihat tetapi juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan mini, jadi cara sempurna untuk memberi rumah Anda nuansa tropis selama bulan-bulan cuaca panas. 

Penyiraman yang teratur pada tanaman akan menjaganya tetap sehat dan meningkatkan kelembaban. 

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Paku yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias

5. Lidah mertua 

(foto: Tokopedia)

Sama seperti lidah buaya, snake plant atau lidah mertua memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga ketika bertransformasi, ia melepaskan uap air yang menguap ke udara. 

Tanaman ini juga mengeluarkan oksigen, membuat Anda tetap sejuk selama malam musim panas yang terik.

Sukulen yang mencolok ini juga dikenal untuk menghilangkan racun dari udara, seperti benzena dan formaldehida. 

Lidah mertua dapat hidup di tempat yang cerah, jadi cocok diletakkan di jendela untuk membantu menghalangi sinar matahari yang berlebihan dari ruangan. 

Hal ini akan memiliki efek pendinginan pada ruangan dan menciptakan keteduhan untuk tanaman lain.