Berbagai Tanaman Hias Paling Unik, Sudah Punya?

Berbagai Tanaman Hias Paling Unik, Sudah Punya?

Foto
Tanaman Hias Begonia Rex (foto: Tokopedia)

Tanaman hias memiliki berbahai jenis yang terlihat cantik menarik bahkan unik. Semua jenis tanaman hias punya manfaat, paling utama menghidupkan suasana ruangan hunian.

Kali ini kita akan bahas beberapa tanaman hias paling unik. Pastinya, kamu akan tertarik menanamnya untuk menambah dekorasi rumah.

Langsung saja, berikut tanaman hias paling unik:

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Daun Berbentuk Keriting dan Gelombang, Memberikan Pemandangan yang Unik

1. Bunga Kelelawar Hitam

(foto: herbeauty.co)

Tanaman hias unik berikutnya memiliki bentuk tidak biasa dan cenderung langka, dengan warna bercorak hitam atau biasa disebut bunga kelelawar hitam.

Tidak hanya eksentrik, tanaman bat flower dari spesies Tacca ini banyak ditemui di hutan hujan tropis Asia Tenggara.

Penelitian University of Texas Health Science Centerdi Amerika Serikat menemukan, senyawa takanolida dalam Tacca bisa menstabilkan mikrotubulus pada sel kanker.

Hal tersebut dikarenakan mempunyai manfaat untuk pengobatan, harga jual bat flower ini terbilang mahal yaitu sekitar Rp100-150 ribu per anakan.

2. Begonia Rex

(foto: Tokopedia)

Tanaman hias begonia rex atau biasa dikenal painted leaf begonia merupakan varian yang paling terkenal di kalangan penggemar tanaman hias.

Begonia rex juga termasuk ke dalam golongan famili Begoniaceae, dengan daun unik yang memiliki pola spiral.

Supaya tumbuh subur, begonia rex harus disiram 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Sedangkan, cahaya matahari yang dibutuhkannya yaitu teduh parsial.

Apabila Anda tertarik untuk menanam tanaman begonia rex, harga pasarannya sekitar Rp100 ribu, yang disesuaikan dengan jenis dan ukuran.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Paku yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias

3. Sukulen Rose

(foto: cnnindonesia.com)

Ada lebih dari 60 spesies sukulen, dan salah satunya adalah greenovia sukulen atau greenovia dodrentalis dengan bentuk seperti bunga mawar.

Bagian daun greenovia cenderung tebal berdaging, serta teksturnya halus berkelopak juga berlapis-lapis.

Sama seperti famili sukulen, greenovia lebih suka disimpan pada tempat hangat yang terang dan tidak memerlukan banyak air.

Tanaman hias unik sukulen rose, umumnya berukuran kecil namun cukup langka. Kalaupun ada yang menjual, harganya terbilang lumayan mahal yaitu Rp100 ribu.

4. Aglaonema Merah Sumatera

(foto: flamboyanasri.com)

Masih satu famili dengan aglaonema harlequin, jenis aglaonema merah Sumatera juga terbilang unik karena coraknya tidak biasa. Selain itu, perawatan aglaonema merah terbilang mudah karena rata-rata tidak bisa terkena sinar matahari langsung.

Mengutip penuturan Wuri seorang penjual tanaman aglaonema yang berbincang kepada tim Wolipop Detikcom, aglaonema merah sumatera adalah generasi awal dari aglonema merah sebelumnya.

Sehingga, cukup wajar jika harga beli atau harga jual tanaman hias aglaonema merah sumatera mencapai jutaan rupiah.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Sulit Dirawat, dari Gardenia hingga Croton

5. Aglaonema Harlequin

(foto: pikiran-rakyat.com)

Tanaman hias aglaonema memang cukup populer di tanah air, baik di kalangan pemula maupun yang sudah ahli dalam urusan tanaman.

Genus tanaman aglaonema ini sekitar 30 spesies dan di antaranya jenis aglaonema harlequin, yang mempunyai corak unik yaitu agak kemerahan.

Berbeda dari aglaonema lain suka tempat teduh, aglaonema harlequin sangat menyukai tempat dengan intensitas cahaya tinggi namun tidak langsung menyorot.

Karena ketika terkena cahaya matahari, warna merah pada daunnya akan semakin terang. Sedangkan untuk harga pasaran aglaonema harlequin ada di kisaran Rp300 ribu.