Jenis-jenis Tanaman Hias Bambu, Salah Satunya Bambu Surgawi, Sudah Punya?

Jenis-jenis Tanaman Hias Bambu, Salah Satunya Bambu Surgawi, Sudah Punya?

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-24 20:04:44
Jenis-jenis Tanaman Hias Bambu, Salah Satunya Bambu Surgawi, Sudah Punya?
Bambu Emas (foto: Instagram/@la_terracita_de_laura)

Tanaman hias juga terdapat dari beberapa jenis bambu. Dalam ilmu feng shui, selain dapat membuat pemandangan rumah makin cantik, menanam tanaman hias bambu yang cantik juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Diketahui, daya tarik memelihara tanaman hias bambu ada pada keindahan batangnya yang bisa dibentuk atau disusun. Selain baik dipelihara dalam ruangan, tanaman hias bambu juga bagus dijadikan sebagai hadiah untuk kerabat, kolega, dan keluarga.

Langsung saja, berikut jenis-jenis tanaman hias bambu yang wajib kamu punya:

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Berwarna Perak, Rumah Terlihat Berkesan Mewah dan Mahal

1. Bambu Hoki

(foto: indobalinews.pikiran-rakyat.com)

Melansir The Spruce, meski batangnya terlihat seperti bambu, namun tanaman dengan nama ilmiah Dracaena sanderiana ini bukanlah tanaman dengan genus bambu, melainkan lebih mendekati ke jenis tanaman sukulen.

Bambu hoki memiliki bentuk ramping, tegak, dan tersusun rapi dalam beberapa tingkatan, dengan terdapat beberapa daun hijau runcing di setiap batang. Daun ini biasanya berada di ujung batang bagian atas.

Cara merawat bambu hoki tidaklah sulit. Letakkan tanaman pada area yang cukup terkena matahari. Jika dipelihara di dalam ruangan, letakkan bambu hoki sudut yang paling terkena sinar matahari seperti di dekat jendela.

Tanaman ini umum ditemui di perkantoran atau hunian tempat tinggal, karena mudah perawatannya dan diyakini memberikan manfaat yang baik secara feng shui.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Semangka Peperomia Cantik Mempesona dan Mudah Dirawat, Berikut Gambarnya

2. Bambu Surgawi

(foto: Instagram/@serminn.kilic)

Bambu surgawi atau Nandina Domestica sebenarnya bukanlah berasal dari genus keluarga bambu, melainkan mengarah pada tumbuhan semak berbunga hijau kemerahan yang berasal dari Asia Timur.

Disebut bambu karena memiliki batang seperti tebu dengan tekstur daun seperti bambu. Daun pada bambu surgawi akan berubah warna seiring pergantian musim. Warnanya akan berubah dari hijau menjadi merah dan sebaliknya.

Saat daun mulai mengeluarkan warna merah, akan diikuti dengan bunga putih kecil. Bambu surgawi dapat tumbuh hingga 1 meter, karenanya tanaman ini biasanya ditanam di pekarangan atau pot luar ruang.

Tanaman bambu surgawi dapat beradaptasi dengan sinar matahari langsung maupun teduh. Akan tetapi untuk mendapatkan warna yang menarik, paling baik diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Berbagai Tanaman Hias Berdaun Lancip Dapat Buat Rumah Makin Cantik

3. Bambu Emas

(foto: Instagram/@la_terracita_de_laura)

Tanaman hias bambu yang cantik berikutnya adalah bambu emas atau bambu cendani. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Phyllostachys aurea ini merupakan salah satu bambu yang dapat ditanam pada media pot dalam ruangan.

Bambu emas yang ditanam pada media pot dapat tumbuh setinggi 60 cm, sedangkan di luar ruangan, bambu emas dapat tumbuh hingga lebih dari 1 meter.

Bambu emas memiliki bentuk batang yang sama dengan bambu hoki, hanya saja warna batangnya akan berubah menjadi kuning keemasan seiring bertambah usia dan terkena sinar matahari.

Bentuk daunnya lebih panjang dengan ujung daun runcing dan lebar daun yang sempit. Warna daunnya secara perlahan akan menjadi kuning keemasan.

Cara merawat bambu emas cukup sederhana. Bambu emas menyukai terkena sinar matahari penuh agar dapat tumbuh dengan baik dan mengeluarkan warna emas pada batang dan daun.

Pada ruangan tertutup, letakkan di dekat jendela yang mendapat sinar matahari paling terang. Bambu emas juga dapat dibentuk menjadi beragam rupa saat batang bambu masih berusia muda.

Itulah jenis-jenis tanaman hias bambu, bagi kamu hobi tanaman hias, apakah sudah punya salah satu tanaman hias bambu di atas?


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30