Jenis-jenis Tanaman Paku yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias

Jenis-jenis Tanaman Paku yang Cocok Dijadikan Tanaman Hias

Foto
Tanaman Hias Paku (foto: koranindonesia.id)

Salah satu tanaman yang dapat dijadikan tanaman hias untuk dekorasi rumah yakni kelompok tanaman paku yang memiliki akar, batang, dan daun sejati. 

Sejumlah tanaman yang masuk kelompok ini juga nampak indah dan bisa jadi pemanis hunian jika dipelihara. 

Berikut jenis-jenis tanaman paku cocok dijadikan tanaman hias:

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Sulit Dirawat, dari Gardenia hingga Croton

1. Suplir (Maidenhair fern)

(foto: flokq.com)

Karakter daun-daun kecil rimbun dari tanaman suplir bisa menyejukkan mata pemiliknya. Bagi mereka yang tinggal di wilayah panas, keberadaan tanaman suplir bisa jadi obat penyejuk.

Karena tanaman suplir sensitif terhadap perubahan suhu ekstrem, maka baiknya simpan suplir di teras-teras teduh, jangan biarkan tanaman suplir terpapar langsung udara bebas di mana perubahan suhu amat terasa.

2. Tanduk Rusa (Staghorn fern)

(foto: thegorbalsla.com)

Seperti namanya, tanaman ini memiliki daun yang menyerupai tanduk rusa, bercabang hingga membentuk bentuk daun yang indah. Tanaman ini cocok dipelihara mereka yang menyukai bentuk-bentuk unik.

Sama seperti tanaman paku lainnya yang bersifat aseksual, tanaman paku yang dapat dijadikan tanaman hias ini juga akan berkembang biak sendiri dengan spora di tubuhnya.

3. Tanaman Paku Gunung (Boston fern)

(foto: iStockphoto/JADEZMITH)

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman pakis paling umum dan populer dipelihara. Daun-daun kecil pada tanaman ini bisa jadi pemandangan yang mendamaikan hunian.

Meski memiliki reputasi mudah mati, namun panduan merawatnya tergolong mudah, yaitu jangan terpapar matahari langsung, tapi simpan di ruangan yang terang. Sebagian orang menyebut tanaman ini sebagai pakis pedang.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Fittonia Unik dan Cocok jadi Dekorasi Rumah

4. Bambu Air (Equisetum hyemale)

(foto: iStockphoto/Terryfic3D)

Untuk memelihara tanaman hias yang satu ini, seseorang mungkin harus membuat media tanam seperti rawa berair, seperti habitat aslinya. Bentuknya yang khas bisa jadi alternatif keindahan di hunian.

Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga 1 meter. Karena bentuknya yang 'tangguh', baiknya bambu air disimpan di luar ruangan.

5. Semanggi (Marsilea)

(foto: iStockphoto/123ducu)

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang amat cantik. Tanaman ini tergolong pada tanaman yang tumbuh di media tanam air, maka dari itu merawatnya dibutuhkan sedikit kesungguhan.

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Cocok Diletak di Kamar Kost

Selain sebagai pemanis hunian, daun semanggi juga dapat dikonsumsi. Karena keindahan dan manfaatnya, tanaman paku yang dapat dijadikan tanaman hias ini banyak diinginkan pegiat tanaman hias atau yang memiliki kebun di rumah.