Daftar Tanaman Hias Fittonia Unik dan Cocok jadi Dekorasi Rumah

Daftar Tanaman Hias Fittonia Unik dan Cocok jadi Dekorasi Rumah

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-17 15:55:14
Daftar Tanaman Hias Fittonia Unik dan Cocok jadi Dekorasi Rumah
Tanaman Hias Fittonia black star (foto: Instagram/@roslinkarium)

Fittonia yang dikenal dengan sebutan tanaman mosaik atau saraf merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki penampakan daun yang unik dan eksotis. Yaitu, daun berbentuk mungil dengan corak garis yang mencolok seperti dicat.

Tanaman hias ini sangat cantik ditaruh di meja, untuk terarium, ditanam di pot gantung maupun untuk dekorasi tanaman indoor. Maka dari itu tak heran tanaman hias ini banyak penggemar.

Tumbuhan yang berasal dari hutan hujan tropis Peru dan daerah lain seperti Amerika Selatan tersebut hidup di dengan kelembaban tinggi. Namun, tidak terlalu becek atau lembek. 

Daun fittonia ini juga tidak bisa terkena sinar matahari langsung, sebaiknya cahaya yang sampai ke tanaman difilter atau diberi penghalang. Sebab, tanaman tersebut akan mati ketika mendapatkan sinar yang berlebih.

Langsung saja, berikut tanaman hias fittonia unik cocok jadi dekorasi rumah:

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Hias Cocok Diletak di Kamar Kost

1. Fittonia snow white

(foto: Instagram/@dadmombabym)

Fittonia snow white tampak memesona dengan dengan warnanya yang simpel. Karakteristiknya, yakni dengan garis urat daun berwarna putih. Nah kalau sudah bergerombol seperti ini begitu cantik kan!

2. Fittonia black star

(foto: Instagram/@roslinkarium)

Black star adalah tanaman hias yang indah dengan daun berwarna hijau zamrud gelap dengan pola urat ungu dan merah. Tanaman ini sangat cantik untuk dijadikan sebagai hiasan di meja.

3. Fittonia fortissimo

(foto: Instagram/@jamies_jungle)

Terlihat segar menyerupai bayam, kamu bisa taruh Fittonia fortissimo atau yang juga disebut sebagai Bubble Red di sudut ruang. Dengan warnanya yang cerah dan menarik ini dapat memberikan aksen yang berbeda.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Dapat Disetek, dari Akar hingga Daun

4. Fittonia frankie

(foto: Instagram/@terrarios_terra_nera)

Fittonia juga memiliki jenis bernama frankie dengan warna daun hijau tua dengan perpaduan warna merah mudah yang lebih dominan. Uniknya tepian daun Fittonia frankie bergelombang. Tamanan saraf berwarna-warni ini cocok untuk pajangan ruangan ataupun kamar kamu.

5. Fittonia pink star

(foto: Instagram/@kamonohashi_9725)

Fittonia pink star adalah varietas khusus yang menampilkan daun kecil bergelombang dengan urat merah muda dan lebar. Dengan tampilan ini memberikan tampilan yang cantik dan unik.

6. Fittonia mini red vein

(foto: Instagram/@mmaryy_s)

Jenis fittonia mini red vein ini memiliki penampilan daun yang eksotis dengan daun hijau dengan kombinasi urat-urat berwarna merah mudah. Meski daunnya kecil namun jenis ini terlihat menawan jika ditempatkan di taman maupun meja rumah.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Dapat Dicangkok, Buat Nilai Jual Makin Tinggi

7. Fittonia jason

(foto: nstagram/@naomialowe)

Fittonia jenis josan ini berukuran sedang dengan daun hijau dan pola urat merah. Kamu bisa menanamnya di pot putih agar tampilannya kontras dan menarik dipandang.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30