Daftar Tanaman Hias Dapat Dicangkok, Buat Nilai Jual Makin Tinggi

Daftar Tanaman Hias Dapat Dicangkok, Buat Nilai Jual Makin Tinggi

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-16 14:38:37
Daftar Tanaman Hias Dapat Dicangkok, Buat Nilai Jual Makin Tinggi
Tanaman Hias Aglaonema Dapat Dicangkok (foto: lingkungan.lovelybogor.com)

Kita ketahui tanaman hias memiliki banyak jenis yang dapat dijadikan sebagai dekorasi rumah. Namun, hanya beberapa diantaranya dapat dicangkok.

Perlu ketahui, mencangkok adalah salah satu upaya membudidayakan tanaman. Hal ini bertujuan agar tanaman hias lebih cepat berbunga, memiliki karakter yang sama dengan induknya, lebih mudah dan praktis dalam pembudidayaan, lebih cepat dalam memperbanyak tanaman, dan yang pastinya membuat nilai jual yang cukup tinggi.

Langsung saja, berikut tanaman hias dapat dicangok, buat nilai jual makin tinggi:

Baca Juga: 5 Hewan di Laut Berukuran Raksasa, Berikut Gambarnya

1. Aglaonema

(foto: GDM Agri)

Aglaonema termasuk tanaman hias yang banyak diminati untuk dipelihara. Berasal dari genus araceae atau talas-talasan, dengan ciri khas warna merah terang dominan pada daunya.

Perawatan aglaonema tergolong kompleks. Anda harus menjauhkan tanaman terkena sinar matahari langsung, jangan terlalu sering disiram dan jaga kelembapan tanaman.

2. Mawar

(foto: Grid.id)

Memelihara induk mawar dengan lembar bunga yang rimbun tidak hanya menarik dan cantik namun sayang jika tidak dibudidayakan.

Perawatan mawar cukup sederhana, semprotkan tanah dan bunga secukupnya, letakkan mawar di tempat cukup sinar matahari, rutin memangkas dahan dan ranting, campurkan pupuk kandang dengan tanah.

Baca Juga: Deretan Tanaman Hias Dapat Dibentuk Makin Menarik dengan Cara Topiari

3. Kamboja Jepang

(foto: Kerajaan Biologi)

Kamboja Jepang atau Adenium Obesum merupakan tanaman hias berbatang besar dengan bonggol bawah yang menyerupai umbi.

Perawatan kamboja jepang cukup mudah, tanaman hias berbunga ini sangat menyukai matahari karenanya tak perlu khawatir tanaman akan mengering dan layu.

Sebaliknya jika diletakkan pada tempat lembap, tanaman ini sulit bertumbuh dengan baik. Media tanah yang cocok untuk kamboja jepang adalah pasir, sekam bakar, tanah arang, tanah bakar, dan cocopeat.

4. Bougenville

(foto: pinterest)

Bougenville disebut juga sebagai bunga kertas yang umum ditanam pada pekarangan rumah. Merawat bougenville perlu ketelatenan sebabnya harus rutin memangkas agar nutrisi tidak menyebar ke daun yang menyebabkan bougenville sulit berbunga.

Bougenville juga menyukai sinar matahari langsung, karenanya jika menanam pada pot, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Hias Kaktus Cocok jadi Dekorasi Rumah

5. Palem Merah

(foto: GitaCinta.com)

Palem Merah atau Cyrtostachys Lakka memiliki bentuk sedikit nyentrik dengan batang berwarna merah dan daun berwarna hijau cemerlang, bersirip agak melengkung dengan anak daun yang terlihat agak kaku.

Palem merah cukup disiram secukupnya sebanyak satu kali pada pagi atau sore, serta diberi pupuk seminggu sekali. Jangan lupa untuk selalu meletakkannya pada tempat yang terkena sinar matahari cukup.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30