4 Jenis Kucing Siam yang Unik dan Menggemaskan, Sudah Punya?

4 Jenis Kucing Siam yang Unik dan Menggemaskan, Sudah Punya?

Ekel Suranta Sembiring
2021-03-01 16:03:13
4 Jenis Kucing Siam yang Unik dan Menggemaskan, Sudah Punya?
Siam Tradisional (foto: okdogi.com)

Kucing siam arau siamese adalah salah satu ras kucing pertama yang diakui jelas sebagai kucing berjenis oriental. Sesuai dengan namanya, kucing siam berasal dari negara Siam, sehingga ras kucing ini sangat mudah ditemukan di negara Thailand.

Di Indonesia sendiri kucing siam banyak dipelihara karena kucing ini memiliki perawakan mirip dengan kuncing kampung.

Penasaran apa saja jenis kucing siam ini? Langsung saja, berikut ulasannya:

Baca Juga: Berbagai Jenis Kucing Pintar Plus Imut

1. Siam Applehead (Applehead Siamese Cat)

(foto: satwapedia.com)

Jenis kucing siam satu ini dinamakan Applehead karena bentuk kepalanya yang mirip dengan buah apple. Jika diperhatikan jenis applehead ini mirip dengan jenis siam tradisional, perbedaanya terlihat jelas pada bentuk kepalanya. Untuk bentuk tubuh dari siam applehead memiliki bentuk gempal dan berotot.

Kucing siam applehead asli adalah salah jenis yang di import dari Thailand. Pada saat ini banyak beredar kucing siam applehead yang merupakan hasil dari perkawinan sialng dengan shorthair sehingga posturnya lebih ramping dengan wajah yang bulat serta memiliki tubuh yang lebih pendek.

2. Siam Modern (Modern Siamese Cat)

(foto: satwapedia.com)

Selanjutnya adalah kucing siam modern merupakan jenis kucing siam yang paling ramping dibandingkan dengan jenis kucing siam lainnya. Kucing ini lebih dikenal dengan nama Lynx, sebuah rasi bintang yang memiliki simbol kucing.

Tubuh jenis kucing siam ini lebih ramping dibandingkan dengan kucing siam lain dengan berat badan sekitar 5 hingga 7 kg. selain itu, kucing siam modern memiliki warna albino dengan warna tubuh dominan warna putih dan wajah memiliki warna coklat muda.

Baca Juga: Daftar Kucing Peliharaan yang Punya Umur Panjang, Russian Blue hingga Siamese

3. Siam Klasik (Classic Siamese Cat)

(foto: satwapedia.com)

Untuk jenis Kucing siam klasik merupakan memiliki bentuk yang mirip dengan kucing siam tradisional. Hanya saja perawakan kucing siam klasik lebih kecil dibandingkan dengan kucing siam tradisional.

Bentuk wajahnya segitiga dengan pipi yang kecil. Angka harapan hidup kucing ini pun cukup rendah. Kucing siam klasik hanya mampu bertahan hidup selama maksimal 5 tahun saja. Selain itu, kucing jenis ini agak susah dipelihara, sehingga tidak terlalu digemari masyarakat.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 6 Jenis Kucing Berbulu Pendek

4. Siam Tradisional (Traditional Siamese Cat)

(foto: okdogi.com)

Kucing siam tradisional merupakan jenis kucing siamese terbesar dari beberapa jenis yang ada. Bentuk wajahnya lebar dengan pipi yang besar dan terlihat kempot. Warna tubuh kucing ini hampir sama dengan warna bulu jenis kucing siamese lainnya, yaitu perpaduan antara warna putih pucat dengan warna coklat gelap. Meskipun pipinya besar, kucing ini memiliki hidung yang mancung dan tidak seperti kucing persia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30