Daftar Kucing Peliharaan yang Punya Umur Panjang, Russian Blue hingga Siamese

Daftar Kucing Peliharaan yang Punya Umur Panjang, Russian Blue hingga Siamese

Ekel Suranta Sembiring
2021-02-26 21:22:34
Daftar Kucing Peliharaan yang Punya Umur Panjang, Russian Blue hingga Siamese
Kucing Savannah (foto: qubicle.id)

Beberapa jenis kucing yang memang dikenal memiliki umur panjang. Rata-rata usia hidup kucing adalah 15 tahun. Akan tetapi, ada juga kucing yang dapat hidup melebihi usia tersebut.

Dilansir dari The Spruce Pets, berikut sejumlah jenis kucing yang memiliki umur panjang.

1. Russian Blue 

(foto: Instagram.com/rubletherussian)

Kucing Russian Blue adalah kucing pendiam yang cenderung menyayangi keluarganya tetapi tidak melekat. Anda akan sering menemukan kucing ini sedang beristirahat di tempat yang cerah atau mengamati wilayahnya dari titik tertinggi yang dapat ditemukannya. 

Jenis ini rentan terhadap penyakit batu kandung kemih, serta masalah mata, tetapi umur rata-ratanya adalah 15 hingga 20 tahun.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini 6 Jenis Kucing Berbulu Pendek

2. Balinese 

(foto: petinsurance.com)

Kucing ini kemungkinan besar berasal dari mutasi Siamese. Satu-satunya perbedaan utama antara kedua ras ini adalah panjang bulunya. Seperti kucing Siamese, kucing Balinese ramah, energik, dan cerewet. Umur rata-rata jenis ini sekitar 12 hingga 20 tahun.

3. Ragdoll 

(foto: advantagepetcare.com.au)

Ragdoll yang santai dan lembut biasanya menyukai manusia dan ingin mengikuti kita ke mana pun. Jenis kucing ini umumnya sehat, tetapi beberapa rentan terhadap batu kandung kemih dan penyakit jantung. Namun, umur rata-ratanya adalah sekitar 15 tahun atau lebih.

Baca Juga: Tidak Hanya Persia, Ini Deretan Kucing Lucu Peliharaan Paling Populer

4. Egyptian Mau 

(foto: Wikipedia)

Egyptian Mau adalah kucing cantik dengan bulu berbintik khas. Kucing ini umumnya nyaman dengan manusia, menjadikan dirinya bagian penting dari keluarga. Meskipun beberapa kucing ini rentan terhadap penyakit jantung, umur rata-rata Egyptian Mau ini adalah 12 hingga 15 tahun

5. Kucing Savannah 

(foto: qubicle.id)

Kucing Savannah adalah persilangan serval Afrika dan kucing domestik. Kucing ini direkomendasikan hanya untuk pemilik yang berpengalaman. Meski tidak sepenuhnya jinak, kucing Savannah bisa bersahabat dengan manusia. 

Namun, mereka cenderung memiliki temperamen yang tidak dapat diprediksi, aktif, dan berani. Kucing ini memiliki umur rata-rata 12 hingga 20 tahun.

Baca Juga: Berbagai Jenis Kucing Asia yang Lucu Cocok Sebagai Peliharaan

6. Burmese 

(foto: icatcare.org)

Kucing ini adalah persilangan antara kucing Burma dan kucing Siam. Burmese adalah jenis kucing yang suka bermain, suka bergaul, dan suka bertualang. Meskipun jenis ini secara umum sehat, kucing ini memiliki kecenderungan mengalami kelainan bentuk tengkorak, serta glaukoma. Terlepas dari masalah kesehatan ini, umur rata-rata kucing ini adalah 16 hingga 18 tahun.

7. Siamese 

(foto: affinity-petcare.com)

Kucing yang berasal dari Thailand ini adalah jenis kucing cantik yang telah memesona orang selama berabad-abad. Kucing ini dikenal karena perawakannya yang kurus dan warna coklat pada wajahnya. Selain itu, kucing ini mudah bersosialisasi. 

Namun, beberapa kucing Siam rentan terhadap kondisi gigi dan pernapasan, tetapi ras ini tidak memiliki masalah kesehatan yang besar. Umur rata-rata kucing ini adalah 12 hingga 20 tahun.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30