Jenis-jenis Ikan Hias Sepat dengan Warna Menawan, Berikut Gambarnya

Jenis-jenis Ikan Hias Sepat dengan Warna Menawan, Berikut Gambarnya

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-28 15:33:30
Jenis-jenis Ikan Hias Sepat dengan Warna Menawan, Berikut Gambarnya
Ikan Sepat Mutiara (foto: http://gemawirausaha.blogspot.com)

Ikan sepat juga termasuk sebagai ikan hias cantik. Hal ini karena ikan sepat memiliki warna begitu menawan. Selain dapar mempercantik akuarium, ikan sepat ini juga sangat ampun memakan jentik nyamuk.

Singkat saja, berikut jenis-jenis ikan sepat punya warna menawan beserta gambarnya:

Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Hias Louhan Beserta Harganya, Cantik dan Lucu Lho!

1. Ikan Sepat Madu 


(foto: pelihara-ikanhias.blogspot.com)

Ikan ini diberi nama sepat madu karena memiliki warna terang bagai emas. Kecantikannya akan semakin terekspose jika tubuhnya terkena cahaya lampu.

Ikan ini tidak agresif sehingga aman saja digabung dengan ikan hias lain. Harganya terjangkau, satu ekornya hanya tiga ribu rupiah.

2. Ikan Sepat Biru


(foto: Hewanee)

Memiliki warna dominan biru, ikan sepat ini bisa tumbuh sampai 12 cm. Ikan ini bisa memakan lumut jika tak diberi makan. Namun tetap saja daya tahan tubuhnya berbeda jika hanya makan lumut.

Untuk membudidayakannya, pilihlah sepat indukan yang berkualitas. Cara membedakan jenis jantan dan betinanya dengan melihat bentuk tubuh dan warnanya.

Ikan sepat betina memiliki tubuh gemuk dengan warna yang kusam dan lebih pekat. Berbanding terbalik dengan jantan yang bertubuh ramping dan warnanya terang.

Harga untuk ikan ini sama dengan sepat madu. Per ekornya hanya tiga ribu saja.

Baca Juga: Sudah Tahu? 8 Jenis Ikan ini Mampu Basmi Jentik Nyamuk

3. Ikan Sepat Rawa / Padi 


(foto: ikanesia.id)

Bisa dijadikan ikan hias bisa juga dikonsumsi. Uniknya dari ikan ini adalah bentuk pernapasannya yang mirip paru-paru milik manusia.

Karena alat pernapasannya inilah membuatnya bisa bernapas di luar air. Harganya murah meriah, hanya tiga ribu dan mencarinya tak sulit. Ikan ini hidup di sungai dan bisa dipancing.

Perawatan ikan sepat cukup mudah. Tempatkan di air dengan suhu antara 24-27 derajat. Tak lupa isi dengan tanaman yang banyak untuk tempatnya bersembunyi.

Makanannya masih mudah dijangkau, seperti cacing tanah, pelet, cacing darah, atau makanan ikan yang lain bisa diberikan. Usahakan juga untuk memelihara ikan sepat dengan jumlah yang sama baik jantan maupun betina.

4.  Ikan Sepat Siam


(foto: Agrowindo)

Tergolong dalam ikan tawar dan banyak ditemukan di area Jawa Timur. Jika di sana, namanya Sliper. Ada juga yang menyebutnya snake skin gouramy atau ikan gurami berkulit ular. Ini karena corak pada sisi tubuhnya belang-belang.

Ukurannya tidak terlalu besar, panjang maksimalnya 20 cm. Ikan sepat siam yang liar umumnya berwarna kehitaman. Ada juga di bagian belakang tubuhnya yang berwarna lebih terang.

Ikan inilah yang kerap kalian konsumsi dengan nama populer ikan sepat asin. Ikan ini sudah banyak dibudidayakan karena harganya yang cukup mahal. Satu kilogram ikan sepat asin saja bisa mencapai Rp. 88.000.

Baca Juga: 6 Jenis Ikan Hias Killifish Cantik dan Menawan

5. Ikan Sepat Mutiara


(foto: majalahikan.com)

Seperti namanya, ikan ini memiliki pola dengan bintik hitam dan ada bulat-bulat dengan warna yang cerah.

Di sisi tubuhnya juga ada garis lurus, warnanya gelap cenderung hitam. Ikan ini hidup di rawa dengan kadar air yang sedikit asam. Banyak ditemukan di daerah dataran rendah seperti Kalimantan atau Sumatera.

Ikan ini mudah hidup di air yang tergenang atau rawa. Hewan pemakan segala atau omnivora ini bisa didapat dengan harga Rp 10.000 - Rp 20.000 per ekornya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30