Taklukkan Barcelona di Final, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol

Taklukkan Barcelona di Final, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol

Alpandi Pinem
2021-01-18 14:38:15
Taklukkan Barcelona di Final, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol
Athletic Bilbao Berhasil Menjadi Juara Piala Super Spanyol 2021 (Istimewa)


Athletic Bilbao berhasil menjadi juara Piala Super Spanyol 2021 usai mengalahkan Barcelona 3-2 di Stadion La Rosaleda, Malaga pada Senin (18/1/2021). Gol Inaki Williams pada extra time menjadi penyebab Barca kalah. Sementara itu, Lionel Messi mendapatkan kartu merah.

Barcelona dan Bilbao bermain dalam tempo sedang di awal-awal laga. Barcelona tampil dengan inisiatif permainan, sedangkan Bilbao lebih bermain menunggu. Blaugrana mendapat tendangan bebas. Lionel Messi mengirim umpan ke kotak penalti namun tak mampu dijangkau Ronald Araujo.

Bilbao punya peluang bagus. Ander Capa menerima umpan lambung dan melepaskan tendangan keras dari kotak penalti, namun Marc-Andre Ter Stegen sigap mentip bola.

Baca Juga : Liga Inggris : Tottenham Hotspur Berhasil Menang di Kandang Sheffield United

Upaya Messi belum berhasil. Tendangan jarak jauhnya masih melambung tinggi di atas gawang Bilbao. Barcelona membuka skor di menit 39. Berawal dari umpan terobosan Messi kepada Jordi Alba lalu dikembalikan ke Messi yang menendang namun diblok tiga bek Bilbao. Bola liar disambar Antoine Griezmann dan masuk ke dalam gawang.

Dua menit kemudian Bilbao menyamakan kedudukan. Menerima umpan lambung Inaki Williamns, Oscar De Marcos lolos dari jebakan offside dan mencor bola ke dalam gawang. Skor 1-1 yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Barcelona masih mengambil inifiastif permainan, sementara Bilbao lebih bermain menunggu. Kedua tim juga berusaha menciptakan peluang meski masih gagal.

Baca Juga : Berhasil Rebut Gelar Pertama Bersama PSG, Ini Kata Maurichio Pochettino

Raul Garcia sempat membobol gawang Barcelona, ketika tandukannya memanfaatkan tendangan bebas bersarang ke gawang Ter Stegen. Namun setelah dianulir karena lebih dulu offside berdasarkan keputusan VAR. Bilbao yang beberapa kali memanfaatkan kesalahan pemain Barcelona punya peluang unggul. Tendangan Williams di dalam kotak penalti masih melenceng jauh.

Barcelona kembali unggul lagi-lagi lewat Griezmann di menit 77. Menerima umpan tarik Jordi Alba dari sisi kiri, sepakan pemain Prancis itu tak mampu dihalau Unai Simon.

Satu peluang dari Frenkie De Jong gagal menambah keunggulan Barcelona. Mendapat umpan dari Messi, pemain Belanda itu masuk ke kotak penalti, sayang usahanya masih bisa dihalau Simon.

Bilbao menyamakan kedudukan di menit 88. Lewat tendangan bebas yang dieksekusi Munain, Asier Villalibre sukses mencor bola ke dalam gawang Ter Stegen. Skor 2-2 bertahan hingga waktu normal dan membuat pertandingan dilanjutkan babak perpanjangan.

Baca Juga : Simeone Berhasil Kalahkan Klopp dan Guardiola Jadi Pelatih Terbaik Versi IFFHS

Di babak perpanjangan Williams mengoyak gawang Ter Stegen di menit 95. Tendangan melengkungnya bersarang di pojok kiri gawang Barcelona. Setelah unggul, Bilbao kian merapatkan barisan. Mereka mengandalkan serangan balik untuk menekan Barcelona. Sampai babak pertama perpanjangan waktu, Bilbao masih unggul 3-2.

Di babak kedua perpanjangan waktu, Barcelona mengurung Bilbao yang langsung 'memarkir bus'. Namun setiap usaha tak mampu membuat Barcelona menyamakan kedudukan. Namun, Barcelona bermain dengan 10 orang setelah Messi dikartu merah karena tertangkap VAR memukul pemain Bilbao. Hingga peluit panjang dituiup, Bilbao mempertahankan keunggulan dan keluar sebagai juara.

Susunan Pemain :


Barcelona (4-3-3):
Marc-Andre ter Stegen; Clement Lenglet, Ronald Araújo, Jordi Alba, Sergino Dest; Sergio Busquets, Pedri, Frenkie de Jong;Lionel Messi, Antoine Griezmann, Ousmane Dembélé.

Athletic Bilbao (4-4-2): Unai Simon; Inigo Martínez, Yeray, Mikel Balenziaga, Ander Capa; Unai Vencedor, Dani Garcia, Iker Muniain, Oscar de Marcos; Inaki Williams, Raul Garcia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30