Deretan Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil Mungil, Buat Akuarium Enak Dipandang Mata
Foto
Goldfish (foto: tfhmagazine.com)

Deretan Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil Mungil, Buat Akuarium Enak Dipandang Mata

Ikan hias air tawar berukuran kecil terlihat mungil juga tidak kalah cantik dengan ikan hias lainnya. Pasalnya, banyak juga orang mencari ikan hias kecil mungil tersebut untuk membuat akurium enak dipandang mata.

Nah, jika Anda tertarik memelihara ikan hias, berikut beberapa rekomendasi jenis ikan hias air tawar kecil mungil buat akuarium Kamu enak di pandang mata yang dilansir dari fishkeepingworld.com:

1. Neon Tetra


Neon Tetra (foto: Pet Central)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang pertama adalah Neon Tetra. Neon Tetra adalah ikan spesies kecil yang mudah dirawat. Spesies ikan akuarium ini sering kali menjadi salah satu pilihan ikan pertama yang akan dibeli oleh para akuaris pemula.

Panjangnya mencapai sekitar 2,2 cm, dan suka dipelihara dalam kelompok. Mereka adalah pilihan yang bagus untuk akuarium komunitas kecil karena temperamennya yang damai. Neon Tetra tersedia dalam warna-warna cerah, dan memiliki garis horizontal warna-warni biru di seluruh tubuhnya.

Mereka membutuhkan air asam yang lembut dengan suhu tropis, dan akan menerima sebagian besar makanan. Mereka adalah omnivora, jadi Anda bisa memakan udang, cacing dan serangga serta tumbuhan.

Baca Juga: 9 Jenis Ikan Hias Punya Warna Cantik, Harganya Murah Lho!

2. Zebra Danios


Zebra Danios (foto: worldwidefishandpets.com)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang kedua adalah ikan jenis Zebra Danios. Zebra Danios adalah ikan yang sempurna untuk diletakkan di akuarium. Mereka mudah dirawat dan dapat tumbuh hingga 5-7cm.

Mereka harus disimpan, setidaknya dalam 10 galon tangki, dan dalam kelompok minimal 5 ekor. Danios adalah ikan kawanan dan akan menjadi stres jika jumlahnya terlalu rendah.

Mereka bukan pemakan yang rewel dan akan makan sebagian besar makanan. Pilihan paling sehat untuk ikan hias ini adalah cacing, serangga, dan krustasea untuk meniru pola makan alami mereka.

Namun perlu diperhatikan, ikan Danios ini juga dikenal suka melompat sehingga Anda mungkin perlu menjaga tangki tetap tertutup.

3. Platies


Platies (foto: aquariumcoop.com)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang ketiga adalah platies. Ikan ini populer karena tersedia dalam hampir semua warna dan juga sangat mudah untuk dirawat. Mereka adalah komunitas ikan yang hebat, yang sangat damai dan rukun dengan ikan jenis guppy dan molly.

Meski kecil, platies sangat aktif dan suka berkelompok. Untuk 5 ekor ikan, Anda membutuhkan tangki 10 galon.

Meskipun mereka adalah jenis omnivora, mereka tetap membutuhkan lebih banyak makanan herbivora, dibandingkan daging. Idealnya, mereka membutuhkan perpaduan yang baik antara makanan nabati dan protein.

4. Swordtail


Swordtail (foto: blog.tetra.net)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang keempat adalah ikan swordtail. Bentuk ikan swordtail mirip dengan ikan platies dan ikan guppy, dengan tubuh yang sedikit lebih besar, dan sirip berbentuk pedang.

Ada banyak variasi warna berbeda yang tersedia dan ikan ini merupakan spesies yang sempurna untuk akuaris pemula. Swordtail berkembang pesat dalam tangki komunitas, dan suka berenang di tempat yang lebih longgar.

Mereka mudah berkembang biak, dan jika Anda memutuskan untuk membiakkannya, Anda harus menjauhkannya dari orang tuanya. Ini karena induk dari Swordtail sering memakan burayak mereka.

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara di Rumah, Cocok Bagi Pemula

5. Betta


Betta (foto: Shutterstock)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang kelima adalah ikan Betta. Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini. Ikan betta merupakan ikan air tawar yang sangat populer. Peminat dari ikan ini seperti tidak pernah berkurang, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak mengherankan mengapa; Ikan cupang berwarna cerah dan mudah dirawat. Ikan betta memiliki warna yang cerah dan juga mudah dirawat. Namun yang perlu diketahui adalah betta jantan terkenal agresif terhadap pejantan lain. Oleh karena itu, pastikan hanya satu cupang jantan yang harus dipelihara dalam setiap akuarium.

Ikan Betta adalah ikan omnivora, sehingga mereka bisa mengonsumsi makanan nabati maupun hewani. Mereka tumbuh hingga ukuran maksimum 3 inci. Meskipun Anda sering melihat ikan ini berada di tangki hias kecil, mereka sebenarnya juga harus ditempatkan di tangki yang lebih besar.

6. Goldfish


Goldfish (foto: tfhmagazine.com)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang selanjutnya adalah goldfish. Ketika kebanyakan orang memikirkan goldfish, pasti akan terbayang mangkuk ikan kecil dengan ikan berwarna oranye di dalamnya. Namun, ini bukan cara yang benar untuk memelihara ikan mas.

Sedikit orang yang tahu bahwa ikan ini sebenarnya dapat tumbuh hingga 14 inci di alam liar. Ukuran tangki minimum untuk ikan mas adalah 20 galon. Anda juga memerlukan filter dan melakukan penggantian air mingguan 10-15%.

Ada banyak jenis goldfish yang berbeda, dan tidak masalah jika Anda mencampurnya selama mereka bukan ras yang suka bersaing satu sama lain untuk mendapatkan makanan. Anda bisa mempertahankan varietas berekor tunggal dan ikan mas bermata normal bersama-sama.

7. Cherry Barb


Cherry Barb (foto: fishtankadvisor.com)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang berikutnya adalah cherry barb. Cherry Barb mendapatkan namanya dari warna jantan saat bertelur, yang mana biasanya akan berwarna perak / hitam dengan gurat sisi keemasan.

Ikan ini dapat tumbuh sekitar 2 inci panjangnya, dan membutuhkan ukuran tangki minimal 25 galon. Cherry Barbs adalah jenis ikan omnivora yang akan memakan sebagian besar jenis makanan termasuk makanan hidup, segar, beku, dan serpihan.

Baca Juga: Deretan Jenis-jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara, Menggemaskan Lho!

8. Angelfish


Angelfish (foto: theaquariumadviser.com)

Jenis ikan hias air tawar kecil yang terakhir adalah angelfish. Angelfish bisa tumbuh hingga panjang 6 inci, tinggi 8 inci, dan tersedia dalam berbagai warna dan pola.

Ikan ini dapat memakan segalanya, alias omnivora, Jadi Anda perlu menjaga diet seimbang antara daging dan nabati untuk mereka. Mereka setidaknya butuh tangki 20 galon, dan airnya harus sedikit lunak dan asam.

Saat mereka dewasa, mereka bisa menjadi agresif, terutama jika tangki Anda terlalu penuh. Namun secara umum, mereka adalah ikan komunitas yang baik, hanya saja jangan memeliharanya dengan ikan yang sangat kecil atau spesies penggigit sirip.



Tag :

Ikan HiasIkan Hias Air TawarIkan Hias KecilIkan Hias MungilDaftar Ikan Hias

Artikel Terkait :

  • Deretan Tanaman Hias Sangat Berbahaya Bagi Anak-anak dan Hewan Peliharaan, Simak Berikut ini!

  • Wajib Tahu! Ini Beberapa Tanaman Sayur dengan Waktu Panen yang Lumayan Singkat

  • Sutradara Hanung Bramantyo Dukung Arie Kriting, Sebut Orangtua Juga Bisa Durhaka

  • Berbagai Jenis Tanaman Hias dengan Daun Warna Ungu, Sudah Punya?


  • Share to: