Deretan Jenis-jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara, Menggemaskan Lho!

Deretan Jenis-jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara, Menggemaskan Lho!

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-06 19:23:42
Deretan Jenis-jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara, Menggemaskan Lho!
Clown Fish (foto: Aleksey Stemmer)

Untuk mengurangi kebosanan saat menjalani hari-hari di masa pandemi ini salah satunya dengan cara memelihara ikan hias.

Suara gemericik air di dalam akuarium beserta warna-warni ikan hias akan membuat ketenangan tersendiri. Belum lagi corak dan bentuk ikan hias yang menggemaskan membuat para penyukanya senang untuk mengoleksinya.

Nah, bagi kamu yang ingin pelihara ikan hias, berikut rekomendasi berbagai jenis ikan hias mudah dipelihara dan menggemaskan:

1. Ikan Cupang


Ikan Cupang (foto: SHUTTERSTOCK)

Ikan cupang atau dalam bahasa Inggris betta splendens, merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya ada di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam. 

Ikan ini juga memiliki bentuk dan karakter yang unik seperti dari segi variasi bentuk dan warnanya yang begitu menggemaskan. 

Jika kalian tertarik, kalian bisa memeliharanya dengan mudah dan dapat ditemukan di toko-toko penjual ikan dengan berbagai jenis yang ada. 

Selain itu, cara memelihara ikan cupang juga nggak begitu sulit. Terpenting kalian cukup membeli makanan dan selalu menjaga kebersihan akuarium.

Baca Juga: Sudah Punya? Ini Berbagai Jenis Ikan Cupang Cantik untuk Dipelihara di Rumah

2. Ikan Guppy


Ikan Guppy (foto: 99.co)

Jenis ikan hias selanjutnya yaitu ikan guppy atau yang dikenal dengan nama ikan cere. Ikan jenis ini merupakan ikan air tawar yang banyak orang mengidolakannya. 

Ikan ini memiliki karakter warna cerah, namun pada bagian jantan memiliki warna yang cerah ketimbang betina. Panjang ikan ini hanya mencapai 35 milimeter saja. 

Merawat ikan jenis ini juga sangat mudah hanya dengan memberikan pakan tabur yang sangat mudah di dapatkan.

3. Ikan Platy


Ikan Platy (foto: gerava.com)

Ikan platy merupakan salah satu jenis ikan hias yang perlu kalian pelihara nih. Ikan jenis ini mempunyai tubuh yang sangat mungil dan memiliki banyak sekali jenisnya. 

Dengan bentuk tubuh yang menggemaskan tersebut, ikan platy berhasil membuat para penyukannya memelihara di aquarium. 

Ikan jenis ini juga dikatakan mudah untuk beradaptasi di lingkungan barunya. Jika kalian ingin memelihara ikan ini, tentu saja sangat mudah kalian temukan dengan harga yang murah pula.

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Hias Aman Dipelihara Satu Akuarium Bareng Ikan Cupang

4. Ikan Koki


Ikan Koki (foto: Tokopedia)

Selain bentuknya yang cantik, ikan koki juga memiliki banyak penggemar lho. Ikan jenis air tawar ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.  

Ikan koki juga memiliki banyak varian atau jenis dengan berbagai macam warna dan bentuk.

Namun banyak pecinta ikan hias yang masih pemula dalam memelihara ikan koki merasa bahwa ikan ini susah untuk dipelihara lantaran cepat mati. 

Sebenarnya, ikan ini mudah dipelihara dan dapat hidup hingga bertahun-tahun asalkan disediakan kolam atau akuarium yang memadai serta selalu menjaga kebersihan kolam ataupun aquariumnya.

5. Ikan Zebra


Ikan Zebra (foto: asianaquatic.com)

Sesuai namanya, jenis ikan hias zebra ini mempunyai warna kulit yang menyerupai kulit zebra. Pemilik nama Danios Zebra ini mempunyai panjang maksimal hanya 7 sentimeter. Tak heran jika bentuknya yang mungil tersebut membuat ikan jenis ini selalu dengan habitat kawanan yang banyak supaya menghindari stres pada ikan zebra. 

Perlu kalian ketahui jika ikan ini juga cukup mahir melompat. Jadi pastikan memasang penutup untuk menghalau ikan zebra keluar dari akuariumnya.

6. Ikan Koi


Ikan Koi (foto: medium.com)

Selanjutnya, jenis ikan hias yang cocok untuk kalian pelihara yaitu ikan koi. Jenis ikan hias ini sangat populer di kalangan pecinta ikan hias akuarium. Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah. Ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar dan biasanya memiliki warna-warna yang sangat cantik.

Perlu kalian ketahui jika berencana untuk memelihara ikan koi, pastikan menyediakan kolam yang memadai, batasi pemberian pakan, membatasi populasi ikan yang ada di kolam maupun aquarium, serta selalu melakukan penggantian atau penambahan air.

Baca Juga: Cantik! Ini 5 Jenis Ikan Rainbow Fish, Sudah Pernah Lihat?

7. Clown Fish


Clown Fish (foto: Aleksey Stemmer)

Jika melihat visual dari jenis ikan hias clown fish tentu saja kalian sudah tidak asing melihatnya. Ya, ikan yang satu ini menjadi sangat terkenal karena film FINDING NEMO. 

Di Indonesia, banyak orang yang lebih mengenalnya dengan ikan badut. Ikan jenis ini mempunyai ukuran 7,5 hingga 10 cm. Clown fish telah berhasil dibudidayakan. 

Itu sebab, seseorang yang berminat bisa memeliharanya sebagai hewan peliharaan dalam akuarium. Meskipun jenis ikan yang hidup di laut, kalian nggak perlu khawatir. Kalian bisa memasukkan terumbu karang di dalam aquarium supaya ikan jenis ini merasa lebih nyaman.

8. Ikan Komet


Ikan Komet (foto: semuaikan.com)

Ikan komet menjadi salah satu jenis ikan yang cukup banyak diminati sebagai ikan hias akuarium di rumah. Jika dilihat sekilas, pasti banyak yang mengira kalau ikan komet ini adalah ikan mas koki. 

Hal ini lantaran, ikan komet memiliki ekor yang panjang dan melebar berwarna putih yang mengingatkan kalian pada ikan mas koki. Ikan ini memiliki warna dan pola yang beragam, sebagian besar ikan ini berwarna kuning berpadu jingga dengan putih atau jingga kemerahan dengan putih.

9. Ikan Manfish


Ikan Manfish (foto: sukaikan.com)

Jenis ikan hias manfish atau layang-layang merupakan jenis ikan air tawar yang mempunyai banyak peminat. Ikan hias ini banyak diburu, karena keindahan warnanya dan mempunyai bentuk tubuh yang unik. 

Memelihara ikan manfish tidak berbeda jauh dengan memelihara ikan hias lainnya. Tempat hidup, makanan, dan cara merawat ikan adalah hal pokok yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan manfish.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24