Berbagai Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara di Rumah, Cocok Bagi Pemula

Berbagai Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara di Rumah, Cocok Bagi Pemula

Ekel Suranta Sembiring
2021-01-14 14:58:44
Berbagai Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara di Rumah, Cocok Bagi Pemula
Ikan Molly (foto: Shutterstock)

Di masa pandemi ini tidak hanya tanaman hias banyak di buru orang. Ikan hias juga sangat diburu orang. Hal ini akibat dipercaya menghilangkan kebosanan.

Ikan hias memang merupakan hewan air yang populer untuk dijadikan peliharaan di rumah. Selain itu, ikan hias dan akuarium dapat mempercantik ruangan dan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman.

Para pecinta ikan hias tentunya tahu bahwa terdapat banyak sekali jenis ikan hias yang dijual di pasaran, mulai dari yang berukuran mini hingga jumbo. Selain itu, ikan hias juga memiliki warna yang beragam, mulai dari warna-warna yang cerah hingga gelap.

Singkat saja, berikut berbagai jenis hias mudah dipelihara di rumah, cocok bagi pemula?

1. Ikan Koi 


Ikan Koi (foto: steemit.com)

Ikan Koi merupakan salah satu ikan hias yang sangat populer di Indonesia. Ikan Koi merupakan jenis ikan yang berukuran cukup besar dibanding dengan ikan hias lainnya.

Hal ini membuat ikan Koi paling cocok dipelihara di kolam daripada di akuarium. Ikan Koi juga memiliki warna beragam yang sangat indah, tidak terlalu mahal, dan dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan.

Baca Juga: Deretan Jenis-jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara, Menggemaskan Lho!

2. Ikan Cupang


Ikan Cupang (foto: infoikan.com)

Ikan Cupang terkenal sebagai ikan hias yang memiliki keunikan di sifatnya yang agresif dan ekornya yang cantik. Selain itu, ikan ini cukup unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut dengan labirin. Jika tertarik memelihara ikan cupang, jangan gabungkan kolam atau akuarium ikan ini dengan ikan lain maupun sesamanya.

3. Ikan Guppy


Ikan Guppy (foto: PIXABAY)

Beberapa jenis ikan Guppy adalah ikan hias yang paling banyak dicari di Indonesia. Hal ini karena harga ikan Guppy di pasaran Indonesia cukup terjangkau. Selain itu, spesies ikan air tawar ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Adapun jenis ikan Guppy yang paling populer adalah ikan Guppy Cobra, Metalik, dan Japan Blue.

4. Ikan Molly


Ikan Molly (foto: Shutterstock)

Ikan Molly merupakan ikan hias air tawar yang unik dan memilik ragam warna yang cantik. Ikan yang memiliki keunikan di bagian perutnya ini memiliki harga jual yang tinggi. Tak heran banyak orang membudidaya ikan Molly dan dijadikan kesempatan bisnis.

Ikan Molly memiliki sifat yang sangat bersahabat dan adaptif sehingga sangat cocok dipelihara di akuarium. Beberapa ikan Molly yang paling sering dicari adalah ikan Molly Balon, Black Molly, dan Golden Molly.

Baca Juga: Sudah Punya? Ini Berbagai Jenis Ikan Cupang Cantik untuk Dipelihara di Rumah

5. Ikan Lemon


Ikan Lemon (foto: akuatik.id)

Sama seperti ikan Cupang, ikan Lemon juga bersifat agresif. Karenanya, Anda perlu berhati-hati jika ingin mencampurnya dengan ikan lain di dalam akuarium. Ikan Lemon memiliki warna kuning terang seperti buah lemon.

6. Ikan Platy


Ikan Platy (foto: gerava.com)

Ikan Platy juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit dibanding dengan jenis ikan lainnya. Ikan Platy juga memiliki berbagai cukup banyak macam jenis. Harga ikan ini juga sangat murah, biasa nya sekitar Rp.1.000,- sampai Rp.2.000,- an saja.

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Hias Aman Dipelihara Satu Akuarium Bareng Ikan Cupang

7. Ikan Mas Koki


Ikan Mas Koki (foto: Tokppedia)

Ikan Mas Koki merupakan ikan hias yang cukup populer. Ikan ini memiliki perut buncit dan warna yang cerah dan cantik sehingga betah untuk terus memandangnya. Ikan ini memiliki harga yang cukup terjangkau sekitar Rp.10.000,- an saja, namun ada juga yang mencapai harga hingga ratusan ribu tergantung jenis dan usianya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24