Media Asing Soroti Mantan Menkes Terawan yang Terkena Reshuffle Kabinet, Ini Sebabnya

Media Asing Soroti Mantan Menkes Terawan yang Terkena Reshuffle Kabinet, Ini Sebabnya

Ahmad
2020-12-23 16:21:44
Media Asing Soroti Mantan Menkes Terawan yang Terkena Reshuffle Kabinet, Ini Sebabnya
Sejumlah media asing menyoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan. Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Foto: Instagram

Sejumlah media asing menyoroti Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya Jokowi mencopot Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan.

Berbagai media asing tersebut mulai dari Asia hingga Amerika Serikat menyoroti keputusan mantan Gubenrnur DKI Jakarta itu untuk mereshuffle 6 menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Mengingat, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia semakin tak terkendali dan media asing mengarahkan fokusnya pada pergantian posisi menteri kesehatan dan kurang menaruh antensi pada pergantian menteri lainnya.

Baca Juga: Rekam Jejak Dante Saksono, Ahli Molekular Diabetes yang Jadi Wamenkes

Sebenarnya, isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju sudah berhembus sejak Juni 2020.

Berikut daftar media asing yang menyoroti reshuffle Kabinet Indonesia Maju, khusunya mencopot Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan.

1. Straits Times

MediaStraits Times menurunkan beberapa berita terkait reshuffle kabinet mulai dari perkiraan kapan reshuffle dilakukan, pengumuman saat pergantian, hingga profil 6 menteri baru.

Salah satunya berjudul "Indonesia's President Joko replaces six ministers in Cabinet reshuffle" yang diterbitkan pada Selasa 22 Desember 2020.

Perombakan kabinet disebutkan menurut para analis bertujuan untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik dan membawa negara keluar dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Wishnutama Ungkap Akan Lakukan ini Setelah Tak Lagi Jadi Menparekraf

Media Singapura itu juga mengatakan perombakan kementerian sudah lama tertunda. Budi Gunadi Sadikin disebutkan pertama kali dalam berita, kemudian Sandiaga Uno dan kemudian menteri lainnya.

2. Malay Mail

Media dari Malaysia itu menurunkan berita dengan judul "Indonesia’s Jokowi replaces health, trade ministers in Cabinet reshuffle" pada Selasa 22 Desember 2020.

Posisi Menteri Kesehatan juga jadi sorotan di media ini. Malay Mail menulis:

"Presiden Indonesia hari ini mengumumkan perombakan besar-besaran Kabinetnya, termasuk penggantian menteri kesehatan yang dikritik karena dianggap salah menangani krisis virus corona negara."

Latar belakang Terawan hingga kritik terhadap Terawan untuk mundur dituliskan. Terawan merupakan ahli radiologi militer dan mantan dokter pribadi almarhum ibu Jokowi.

3. Reuters

Reuters tak banyak menurunkan berita terkait reshuffle. Pada Selasa 22 Desember 2020, media ini menurunkan berita berjudul "Indonesian president replaces health, trade ministers in cabinet reshuffle."

Media dari Inggris itu menyebutkan Jokowi akan mengganti 6 menteri. Namun tak menyebutkan nama-namanya kecuali menteri kesehatan.

"Presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengaku telah mengganti Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dengan Budi Gunadi Sadikin, mantan bankir dan kepala satuan tugas pemulihan ekonomi," tulis Reuters.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30