5 Jembatan Unik di Dunia Cocok Tempat Uji Adrenalin

5 Jembatan Unik di Dunia Cocok Tempat Uji Adrenalin

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-19 18:28:37
5 Jembatan Unik di Dunia Cocok Tempat Uji Adrenalin
Jembatan Sidu, China (foto: ngopo)

Jembatan biasanya dibangun untuk menghubungkan dua tempat yang saling terpisah oleh sungai, jurang, laut, dan hal lainnya. Maka dari itu sangat banyak jembatan yang bisa kita temui di dunia ini.

Dari banyaknya jembatan, terdapat beberapa diantaranya terlihat unik dan ekstrem sehingga cocok untuk uji adrenalin. Yuk, langsung saja simak berikut ini!

Baca Juga: Deretan Desa Unik di Indonesia, Sudah Pernah Berkunjung?

1. Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau, Hong Kong


Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macau (foto: Istimewa)

Jembatan ini diklaim sebagai jembatan terpanjang di dunia nomor wahid.

Jembatan ini menghubungkan beberapa kota-kota di kawasan Greater Bay, China bagian selatan. Jembatan sepanjang 55 kilometer ini terdiri dari beberapa bagian, di antaranya yaitu jalan raya Hong Kong yang membentang sejauh 12 km, bagian jembatan utama yaitu 29,6 km dan jalan raya yang masuk wilayah Zhuhai sejauh 13,4 km.

Menariknya lagi, ternyata panjang jembatan ini memiliki ukuran 20 kali lebih panjang daripada Jembatan Golden Gate di San Francisco. Tak hanya itu, baja yang terdapat pada jembatan ini juga cukup untuk membangun sekitar 60 Menara Eiffel. Baja-baja dari jembatan tersebut dirancang untuk bertahan selama 120 tahun, lho.  

Karena kemegahan arsitekturnya, jembatan ini pun disebut-sebut sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Arsitektur Dunia Modern.

2. Jembatan Falkirk Wheel, Skotlandia


Jembatan Falkirk Wheel (foto: Wikipedia)

Jembatan satu ini terbilang unik karena bentuknya yang mirip kincir raksasa. Adalah Falkirk Wheel, jembatan ini menghubungkan kanal yang berbeda ketinggian, yaitu Fort and Clyde Canal dengan Union Canal.  

Kanal-kanal ini dilintasi banyak kapal-kapal. Nah, agar kapal itu bisa menyeberang dari kanal yang berada di atas kanal maupun sebaliknya, maka dibuatlah jembatan Falkirk Wheel yang dilengkapi dengan dua buah gondola.

Gondola ini bisa berputar hingga 180 derajat derajat untuk mengangkat perahu ke atas kanal. Karena desainnya yang unik dan cara kerjanya yang tak biasa, Falkirk Wheel pub dianggap sebagai prestasi luar biasa dari arsitektur modern.

Baca Juga: Deretan Tradisi Pernikahan Unik dan Aneh di Dunia, Sudah Pernah Lihat?

3. Jembatan Sidu, China


Jembatan Sidu, China (foto: ngopo)

Selain Prancis, China juga punya salah satu jembatan unik dan menguji adrenalin yang bernama Jembatan Siduhe. Terletak di Provinsi Hubei, China bagian tengah, jembatan gantung sepanjang 1.222 meter ini melintang di sekitar lembah Sungai Sidu. 

Jembatan yang menghubungkan provinsi Guizhou dan Yunnan ini diharapkan dapat mengurangi waktu perjalanan antara kota-kota Liupanshui dan Xuianwei dari lima jam menjadi hanya dua jam.

Tak sampai di situ, jembatan yang berada di ketinggian 564 meter di atas permukaan laut ini juga dinobatkan sebagai jembatan tertinggi di dunia. Bayangkan saat melintas di jembatan ini, kamu akan merasa seperti terbang di langit.

4. Jembatan Royal Gorge, Colorado, AS


Jembatan Royal Gorge (foto: pinterest)

Jembatan yang cukup menantang lainnya adalah Jembatan Royal Gorge. Mengutip Odee, jembatan yang terletak di Colorado, Amerika Serikat ini merupakan salah satu atraksi wisata yang digemari turis terutama bagi mereka pecinta adrenalin.  

Jembatan yang membentang sepanjang 384 meter di atas Sungai Arkansas melintasi Royal Gorge yang megah di Colorado.

Berada di ketinggian 286 meter, Royal Gorge juga pernah menyandang rekor sebagai jembatan tertinggi di dunia hingga tahun 2003 setelah kemudian tergantikan oleh Jembatan Beipanjiang di China. 

Baca Juga: 5 Penemuan Sains ini Sangat Berpengaruh di Dunia, Salah Satunya Olimpiade

5. Jembatan Eshima Ohashi, Jepang


Jembatan Eshima Ohashi (foto: jogja.tribunnews)

Jembatan Eshima Ohashi merupakan jembatan yang menghubungkan Kota Matsue di Prefektur Shimane ke Kota Sakaiminato di Prefektur Tottori, Jepang.  

Jembatan ini terbilang unik dan menguji adrenalin. Setiap kendaraan yang akan melewati jembatan ini harus menanjak terlebih dahulu bak menaiki sebuah wahana rollercoaster.

Jembatan Eshima Ohashi memiliki dua jalur dengan panjang 1,7 kilometer serta memiliki jalan naik turun kira-kira sepanjang 1,4 kilometer serta dengan lebar jalan 11,3 meter. 

Sebenarnya struktur jembatan Eshima Ohashi ini dibangun dengan bentuk curam dengan tujuan untuk memudahkan kapal kargo agar bisa lebih mudah melewati sungai Nakaumi. 

Diketahui jembatan ini memiliki kemiringan sekitar 6,1 persen dari bagian sisi yang lebih dekat ke Kota Matsue serta 5,1 persen dari bagian sisi yang lebih dekat ke Kota Sakaiminato.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24