Catat! Jadwal Melihat Hujan Meteor Leonid pada Malam Ini

Catat! Jadwal Melihat Hujan Meteor Leonid pada Malam Ini

Dedi Sutiadi
2020-11-17 18:52:04
Catat! Jadwal Melihat Hujan Meteor Leonid pada Malam Ini
ilustrasi (Pixabay)

Bagi kalian yang penasaran dengan fenomena alam hujan Meteor Leonid, bisa menyaksikan nya malam ini. Catat! berikut jadwal melihat hujan Meteor Leonid pada malam ini. 

Fenomena alam hujan Meteor Leonid memeng diketahui terjadi pada bulan November. Disebutkan bahwa puncak hujan meteor akan terjadi pada tanggal 17 November 2020. Disebutkan juga bahwa beberapa meteor yang jatuh tidak akan terlihat sebab berada di bawah cakrawala. 

Baca juga: Mengenal Meteor Leonid yang Akan Menghujani Bumi pada Malam Ini

Sementara dari Jakarta disebutkan bahwa hujan meteor tidak akan terlihat sebelum pukul 00.23 WIB, saat titik pancaran nya naik di atas ufuk timur. Diperkirakan hujan meteor akan berlangsung hingga fajar menyingsing sekitar pukul 05.04 WIB. 

Pada saat teersebut diperkirakan ada sebanyak 10-20 meteor diprediski akan tampak per jam saat puncak hujan meteor terjadi. 

Adapun penjelasan terkait sebutan hujan meteor Leonid, menurut Astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo karena seolah-seolah berasal dari satu titik dalam rasi Leo (singa)

"Pada kenyataannya mereka memang berasal dari satu sumber yang sama, yakni remah-remah debu dan pasir yang dilepaskan suatu komet dalam perjalanannya mengelilingi Matahari," kata Marufin, Senin 16 November 2020. 

Baca juga: Ridwan Kamil Suruh Rizieq Shihab Gunakan Aplikasi Zoom untuk Patuhi Protokol Kesehatan

Adapun untuk bisa menyaksikan hujan Meteor Leonid, Lembaga Penerbangan dan Antariksa nasional (Lapan) menjelaskan bahwa semua lokasi di bumi cocok untuk pengamatan hujan metor. Namun hujan meteor akan cukup jelas terlihat di wilayah Asia. Hal tersebut disebabkan puncak aktivitas hujan terjadi setelah tengah malam di wilaah tersebut. 

Marufin kemudian menyarankan bahwa alat dan cara terbaik untuk bisa melihat fonomena alam hujan Meteor Leonid adalah dengan mata telanjang. "Menyaksikan hujan meteor ini justru sebaiknya dengan menggunakan mata telanjang saja," kata dia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30