Cak Nun Jelaskan Panggilan untuk Rizieq Shihab Adalah Syarif Bukan Habib

Cak Nun Jelaskan Panggilan untuk Rizieq Shihab Adalah Syarif Bukan Habib

Dedi Sutiadi
2020-11-16 17:34:48
Cak Nun Jelaskan Panggilan untuk Rizieq Shihab Adalah Syarif Bukan Habib
Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun

Cak Nun jelaskan panggilan untuk Rizieq Shihab Adalah Syarif Bukan Habib. Alasannya sebab panggilan Habib di Indonesia itu sama dengan panggilan 'Mbah', cucu kepada kakek nya tidak ada kaitannya dengan keluarga atau keturunan Nabi Muhammad SAW. 

Emha Ainun Nadjib atau dikenal dengan sapaan Cak Nun menyebut Rizieq Shihab itu bukan Habib. Menurutnya salah memanggil Rizieq Shihab dengan panggilan Habib, sebab ada kata yang lebih pas disematkan. 

”Jadi kata Habib itu adalah panggilan cucu kepada kakeknya. 'Habib' itu maksudnya Mbah, ujar Cak Nun dalam sebuah video yang unggah di YouTube pada 12 November 2020. 

Baca juga: Nikita Mirzani Galang Dana untuk Tes DNA Keturunan Nabi

Cak Nun pun menjelaskan sejarah penyebutan panggilan 'habib', awal mulanya di Indonesia. Menurutnya hal tersebut bermula dari seorang Habib Kwitang yang dipanggil cucunya dengan panggilan 'habib'. Panggilan tersebut pun diikuti oleh para tetangga rumahnya, tanpa mengetahui artinya.    

“Lalu Habib Kwitang dulu di Jakarta sama cucunya dipanggil Habib-habib, lalu para tetangga juga ikutan manggil habib. Akhirnya sekarang kalau ada orang Arab dipanggil Habib.” ucap Cak Nun. 

Maka Cak Nun menjelaskan ada salah pemahaman di masyarakat dengan istilah Habib. Menurutnya panggilan habib di Indonesia tidak berkaitan dengan silsilah keturunan Nabi Muhammad SAW. Jika ingin menyebut seseorang yang memiliki silsilah dengan Nabi Muhammad SAW. maka yang benar disebut Syarif atau Sayyid. 

Baca juga: Saling Sindir, Nikita Mirzani Sebar Video Penghinaan Rizieq Shihab

"Syarif itu keturunan nya Sayyidina Husein. Kalau keturunan nya Sayyida Hasan bin Ali itu Sayyid. Jadi dulu kalo di Mojoagung itu ada Sayyid Sulaiman, berarti dari Sayyidina Hasan, kalo Syarif berarti dari Husein," jelas Cak Nun.

Dengan alasan tersebutlah maka Cak Nun menegaskan bahwa Rizieq Shihab bukanlah habib tapi syarif. Bahkan Cak Nun mengaku menyapa Rizieq Shihab dengan panggilan syarif bukan habib. 

"Saya kalau manggil Rizieq Shihab itu 'Rif, syarif…', gitu,” sambungnya. Karena dia memang syarif. Kalau habib itu enggak ada hubungannya dengan zuriat atau darah Nabi Muhammad.” ungkap Cak Nun


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30