5 Ulat di Dunia Punya Racun Membahayakan Bahkan Mematikan

5 Ulat di Dunia Punya Racun Membahayakan Bahkan Mematikan

Ekel Suranta Sembiring
2020-11-05 18:19:35
5 Ulat di Dunia Punya Racun Membahayakan Bahkan Mematikan
Ulat Saddleback (foto: winnetnews)

Ulat berupakan salah satu hewan jenis serangga. Di dunia pastinya dapat kita temukan berbagai jenis ulat. Tetapi beberapa diantaranya sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Nah, kali ini kita akan membahas jenis-jenis ulat yang membahayakan bahkan menyebabkan kematian pada manusia, yuk langsung saja simak berikut ini:

Baca Juga: 4 Jenis Nyamuk Berbahaya di Dunia, Salah Satunya Nyamuk Anopheles

1. Ulat Puss


Ulat Puss (foto: Don Hall/University of Florida via Huffington Post

Ulat ini berasal dari Amerika Serikat. Memiliki tampilan imut ternyata ulat ini sangat beracun, sengatnya bisa menyebabkan sakit kepala, bengkak, mual, kulit melepuh bahkan kesulitan bernapas. 

Yang lebih membuat orang khawatir adalah, ulat berbulu lebat ini  tidak berhabitat di hutan, melainkan di perkotaan. Ulat puss banyak ditemukan di Virginia, Amerika Serikat.

2. Ulat  Bag Shelter


Ulat  Bag Shelter (foto: pinterest.com)

Ulat ini merupakan salah satu ulat yang tubuhnya ditumbuhi rambut, ia adalah salah satu yang berbahaya dan sebaiknya dijauhi jika bertemu. Ulat bag shelter ini aktif di malam hari, dan sangat menyukai pepohonan beefwood (Grevillea striata), tanaman yang berasal dari daratan Australia Barat. Ulat ini selalu terlihat berjalan beriringan dan berkelompok, sehingga terlihat seperti gumpalan rambut manusia yang menempel di atas pohon.

Ulat ini satu dari sedikit ulat yang bisa menyebabkan kematian. Setelah disengat racun di bulu-bulunya, gejala awalnya adalah sesak napas dan ruam disekujur tubuh. Jika tak segera ditolong, maka akibatnya bisa sangat fatal.

Baca Juga: 6 Hewan Ini Punya Cara Kawin yang Unik, Ada yang Harus Disodorkan Tontonan Porno Dulu Lho!

3. Ulat Saddleback


Ulat Saddleback (foto: winnetnews)

Ulat ini tergolong unik dengan motif punggunya yang memang mirip pelana kuda (saddleback). Dibalik kecantikannya, racunnya cukup ganas.  Tubuhnya ditumbuhi duri yang tajam dan keras, di situlah saddleback menyimpan racunnya.

Perilaku saddleback ini sangat agresif dan ketika seseorang secara tak sengaja menyentuhnya maka ia akan menyengatkan duri dan menyuntikan racunnya. Sengatannya tersebut akan menyebabkan bengkak-bengkak di bagian tubuh yag disengat, juga mual-mual bahkan menimbulkan bentol-bentol berhari hari.  Ulat ini sering terlihat berada di pohon bunga sepatu (Hibiscus sp.) dan pohon jenis palem.

4. Ulat Sutera Raksasa


Ulat Sutera Raksasa (foto: Moh Habib Asyhad)

Berasal dari Amerika Selatan, ulat ini  adalah bentuk larva ngengat ulat raksasa raksasa, dan dianggap sebagai salah satu ulat paling berbahaya di dunia. Ulat ini dipercaya telah membunuh ratusan orang, dan dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi siapa pun yang tidak beruntung bertemu dengan mereka.

Racun ulat ini sangat mematikan, bahkan racun tunggal saja bisa memicu banyak masalah bagi manusia, mulai dari muntah-muntah, sakit perut parah, hingga gagal ginjal total. Jika menyerang dengan penuh, ulat ini bisa menyebabkan kematian, dan kita akan terus mengeluarkan darah karena agen anti-pembekuan dalam racunnya.

Setidaknya ada 500 kematian yang dikonfirmasi sejauh ini. Inilah mengapa ulat ini adalah yang paling banyak dipelajari di dunia, salah satunya karena racunnya yang mengandung agen anti pembekuan darah.

Baca Juga: 5 Anjing Unik ini akan Membuat Diri Mu Ingin Pelihara

5. Lonomia obliqua


Lonomia obliqua (foto: reddit)

Ulat ini adalah hewan endemik asal Amerika Selatan. Hewan ini merupakan bentuk larva dari ngengat ulat sutra raksasa dan termasuk salah satu yang paling berbahaya di bumi! Bahkan, ulat ini disebut bertanggung jawab atas kematian ratusan orang, spesifiknya di bagian selatan Brazil, dilansir dari laman Ranker.

Ketika ulat ini menemui ancaman, ia akan segera menyuntikkan racun dengan dosis tinggi. Bersentuhan dengan ulat ini menyebabkan kita muntah, sakit perut dan bahkan gagal ginjal. Apabila kamu sedang berada di Brazil dan menjumpai ulat ini, segera pergi jauh dan jangan sampai kulitmu menyentuh rambutnya yang berbahaya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24