Ini penjelasan BMGK Terkait Air Laut Surut di Pantai Jepara

Ini penjelasan BMGK Terkait Air Laut Surut di Pantai Jepara

Yuli Nopiyanti
2020-09-30 17:51:16
Ini penjelasan BMGK Terkait Air Laut Surut di Pantai Jepara
Pantai di benteng portugis Jepara surut (Foto:Dok.Instagram/ndorobeii)

Media sosial tengah digegerkan dengan adanya prediksi gempa dan Tsunami setinggi 20 meter yang dipaparkan oleh peneliti.

Tim peneliti dari  Institut Teknologi Bandung (ITB) juga menyampaikan bahwa hasil riset yang cukup menggemparkan masyarakat pesisir pantai selatan Jawa.

ITB memprediksi sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan selatan Jawa Timur berpotensi digulung tsunami. Hasil dari riset tersebut pun memperkirakan tinggi tsunami yang akan mencapai 20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur.

Baca Juga: Susul DKI, PSBB Bodebek Diperpanjang hingga 27 Oktober 2020

Warga juga digegerkan dengan video yang menunjukkan air laut surut di Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah hingga memperlihatkan pasir pantai membuat heboh di media sosial.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta menilai fenomena itu merupakan pasang surut menjelang bulan baru.

“Ya pasang surut jelang bulan baru normal terjadi,” kata Agus.


Agus juga mengatakan bahwa hingga kini pihaknya belum mencatat ada fenomena lain terkait dengan surutnya air laut di pantai itu. Menurutnya air laut surut di Pantai Benteng Portugis Jepara adalah normal. 

“Kalau fenomena lain sampai sekarang belum ada catatan monitoring alat kami,” jawab Agus.

Disisi lain Kepala BPBD Jepara Kusmiyanto menuturkan bahwa kejadian itu sudah sering terjadi di wilayah tersebut. Terutama di seputaran perairan Metawar Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorejo. Menurutnya warga juga sudah biasa dengan adanya fenomena tersebut.

Baca Juga: Nama Partai Baru Amien Rais Diumumkan Besok, PAN Reformasi Akan Jadi Sayap Partai

Ia juga mengatakan bahwa keterangan dari BMKG terkait air laut surut di Pantai Benteng Portugis juga tidak ada keterkaitan dengan gempa. Dan memang surut air laut di Benteng Portugis kali ini lebih ekstrem dari biasanya.

Kabid Kominfo Dinas Kominfo Kabupaten Jepara, Wahyanto, menambahkan kejadian air surut bukan tanda-tanda akan terjadi tsunami. Pemkab Jepara pun meminta warga agar tidak panik terkait viralnya video tersebut.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30