Awas, Anjay Masuk Dalam Kekerasan Verbal

Awas, Anjay Masuk Dalam Kekerasan Verbal

Ahmad
2020-08-30 14:08:00
Awas, Anjay Masuk Dalam Kekerasan Verbal
Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait Foto: Instagram

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) akhirnya angkat bicara perihal polemik kata 'anjay' yang membuat anak diadukan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Dalam kesempatan itu, Komnas PA menilai kata 'anjay' memang tak seharusnya digunakan oleh anak-anak.

"Nggak boleh, siapapun, becanda sekalipun tapi nilainya merendahkan martabat. Cuma karena ini anak-anak, nanti pendekatan penyelesaiannya tidak seperti orang dewasa," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait kepada wartawan, Jumat 28 Agustus 2020.

"Anjay panggilan kasar gitu kan seperti anjing lu, tapi disingkat jadi anjay gitu ya. Saya kira pandangannya kalau dia memenuhi unsur membuat keresahan dan kekerasan itu merupakan kekerasan yang sifatnya kekerasan verbal. Jadi itu di dalam undang-undang perlindungan anak tidak dibenarkan juga," imbuh Arist.

Baca Juga: KPAI Minta Stop Pakai Kata Anjay atau Dipidana

Anak yang menggunakan kata 'anjay bisa diadukan ke KPAI. Mengingat, kekerasan verbal juga diatur dalam perundang-undangan.

"Tapi dia sebutan dari mungkin tahu dipelesetkan, mungkin orang yang tahu dipelesetkan dan orang yang membaca tahu bahwa itu kasar. Tapi orang nggak tahu kan nggak merasa isi, substansi, konten itu adalah kekerasan, hujatan. Artinya hujatan kebencian, merendahkan martabat lah paling tidak memang pengertiannya seperti katakan lah 'anjing lo' itu kan merendahkan martabat seseorang dan itu bentuk kekerasan dan itu bisa pidana," katanya.

Oleh karena itu, Arist mengajak masyarakat untuk melihat kata 'anjay' dari perspektifnya, mengingat istilah tersebut sedang marak digunakan di media sosial dan populer di kalangan anak-anak.

Seperti diketahui, kata 'anjay' ramai dibahas usai dibahas artis sekaligus Youtuber, Lufti Agizal di channel Youtube-nya. Bukan hanya membahasnya, Lutfi juga mengadukan anak yang memakai kata 'anjay' ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Baca Juga: 99% Hampir Pasti Indonesia Resesi Bulan Depan, Mahfud MD: Tidak Sampai Krisis Ekonomi

Mulanya, Lutfi membahas kata 'anjay' ini usai disebut oleh Rizky Billar dan Lesti Kejora. Lutfi membuat video khusus yang mendatangkan pakar bahasa hingga psikolog untuk membedah kata anjay yang ia yakini bisa merusak moral bangsa. Lufti memiliki 186 ribu follower di Instagram dan 2,46 ribu subcriber di Youtube.

"Wahai kaum ANJAY. Skakmat kau !!! Bagaikan setan yang kepanasan melihat sebuah edukasi dari bahaya kata ANJAY. INGET INI BARU PART 1 ya !!! Masih ada 5 narasumber lagi (Psikolog, Lawyer, Ustad ) soon LSM dan yang lain sudah siap support edukasi ini," tulis @luftiagizal di akun Instagram

Bukan hanya membahasnya, Lutfi pun telah mengadukan anak yang memakai kata 'anjay' ini ke KPAI. Dia melampirkan pula surel balasan dari KPAI.

"Anak di bawah umur bisa ngomong gini gara-gara apa sih??? Next generation kita. Apa perlu @kpai_official dan @komnasanak saya kirimi semua materinya? Untuk mengkaji ini?" ujarnya di IG Story.


Sumber: Detik, CNN


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30