Deretan Cerita Mistis di Gunung Nglanggeran Yogyakarta, Salah Satunya Penjual Jamu yang Menyeramkan

Deretan Cerita Mistis di Gunung Nglanggeran Yogyakarta, Salah Satunya Penjual Jamu yang Menyeramkan

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-29 10:00:00
Deretan Cerita Mistis di Gunung Nglanggeran Yogyakarta, Salah Satunya Penjual Jamu yang Menyeramkan
Gunung Nglanggeran Yogyakarta (foto: Kompas.com)

Gunung Nglanggeran atau kerap disebut Gunung Api Purba yang berada di Yogyakarta merupakan salah satu destinasi waisata yang kerap dikunjungi wisatawan. Dibalik itu, gunung ini menyimpan berbagai cerita mistis yang begitu menyeramkan.

Seperti salah satu pendaki yang pernah mengalami kisah mistis saat di gunung tersebut. Mengutip dari Phinemo, awalnya pendaki ini melihat seorang wanita yang menjual jamu. Awalnya pendaki tidak mengira wanita penjual jamu tersebut adalah penampakan, karena itu pendaki pun memutuskan untuk beristirahat dan melambaikan tangan untuk membeli jamu.

Baca Juga:

7 Cara Membentengi Diri dari Santet Versi Ustaz Bachtiar Nasir

Lima Benda yang Selalu Digunakan untuk Media Santet

Kisah Misterius dari Gunung Kayangan Kalsel, Sering ada Suara Tangisan Anak Kecil hingga Kereta Kencana

Namun ketika para pendaki lengah dan mengok ke penjual jamu, sosok itu lenyap. Karena merasa ketakutan, para pendaki pun kembali ke pos awal.

Cerita tukang jamu juga bukan hanya dijumpai oleh satu orang saja, pendaki lain juga mendapati tukang jamu gendong berkeliaran di Gunung Api Purba.

“Jamune Mas…” begitu ujar penjual jamu ketika menghantui pendaki sebelum akhirnya menghilang.

Kadang penjual jamu juga menampakkan diri dari dekat. Saat mendekat, penjual jamu yang awalnya berparas cantik lama-lama menjadi tua dan menyeramkan.

Mengutip dari hipwee, seorang pendaki bernama Sari juga pernah mengalami kejadian mistis saat berada di gunung. Pada awalnya, Sari mencium bau anyir yang kemudian bercampur dengan bau busuk. Kata dia, aroma tersebut menandakan ada hantu di sekitar mereka. Sari melihat kuntilanak terbang di atasnya. 

Ada juga anak-anak kecil yang tertawa cekikikan di balik pohon. Mereka bentuknya bermacam-macam, ada yang mukanya rata, ada juga yang bopeng-bopeng menyeramkan. Beberapa penampakan yang datang kepadanya membuat perut Sari pun sakit.

Baca Juga:

Asal Usul Kota Pontianak, Benarkah Kata Pontianak Berasal dari Kuntilanak?

4 Nama Hantu yang Menjadi Urban Legend di Kampus UGM, Salah Satunya Hantu Mbak Yayuk

5 Nama Hantu Paling Terkenal di UI, Salah Satunya Hantu Wisuda

Tidak hanya itu, area gunung ini juga menyimpan mitos yang menyeramkan. Seperti sebuah permukiman  yang hanya di isi oleh 7 Kepala Keluarga, tepatnya berada di Tlogo Mardidho, Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk. Tepat di puncak Gunung Nglanggeran. 

Tujuh keluarga ini melakukan aktifitas sehari-hari layaknya masyarakat pada umumnya. Namun ada mitos yang mengiringi 7 keluarga ini. Setiap ada warga ke 8 selalu saja ada yang meninggal ketika ingin menetap. Begitu pula jika kurang dari 7 keluarga, maka ada saja yang terkena penyakit yang berakibat kematian.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30