5 Nama Hantu Paling Terkenal di UI, Salah Satunya Hantu Wisuda

5 Nama Hantu Paling Terkenal di UI, Salah Satunya Hantu Wisuda

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-28 17:00:00
5 Nama Hantu Paling Terkenal di UI, Salah Satunya Hantu Wisuda
Ilustrasi Hantu si Merah (foto: kotakwarta)

Kampus Universitas Indonesia (UI) yang berada di Depok, Jawa Barat merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Dibalik itu tenyata kampus ini punya nama-nama hantu yang telah melegenda banyak mahasiswa. Hal ini terkesan membuat sejumlah area di kampus UI terkenal angker.

Lantas apa saja nama-nama hantunya? Langsung saja simak berikut ini.

Baca Juga:

Desa Karang Kenek Situbondo, Desa Terkutuk hanya bisa Jumlah 26 KK, Benarkah?

Kisah Mistis Penjaga Bangunan Kampung Mati Vietnam, Sering Diganggu Makhluk Tak Kasat Mata

Kisah Misterius Moseleum Van Motman Peninggalan Zaman Belanda

1. Hantu Wisuda 

Hantu wisuda UI merupakan salah satu nama hantu di UI yang melegenda. Sosok hantu wisuda UI itu merupakan arwah mahasiswi yang penasaran lantaran ia meninggal sebelum sempat ikut wisuda.

Penyebab kematiannya pun simpang siur kabarnya. Ada yang bilang ia merasa tertekan lalu bunuh diri saat skripsi; sementara versi lainnya menyebutkan si mahasiswi meninggal karena kecelakaan jelang wisudanya. Mahasiswa tersebut konon katanya tak rela meninggal sebelum ia wisuda. Karena itulah ia sering bergentayangan dan muncul dalam sosok wanita memakai kebaya di foto-foto wisuda mahasiswa UI.

2. Hantu Si Merah

Kisah hantu merah ini sudah nggak asing lagi di kalangan mahasiswa UI. Menurut urban legend yang beredar, hantu si merah ini berwujud perempuan berambut panjang dengan gaun dan selendang panjang berwarna merah.

Menurut kabar, hantu ini sering berkeliaran di area sekitar rektorat, tempat parkir bis kuning (bikun) UI yang sudah rusak atau kuburan bikun, dan menara air yang lokasinya tak jauh dari sana.

3. Kereta Hantu 

Kisah mistis yang satu ini juga sudah melegenda dan terkenal sejak tahun 1990-an. Bahkan sudah menjadi salah satu urban legend kereta hantu paling terkenal di negeri ini. Ceritanya, ada mahasiswa yang pulang malam dan naik kereta dari Stasiun UI menuju Stasiun Tebet. Versi lainnya menyebutkan ia naik kereta menuju Stasiun Manggarai. Namun kedua versi ini sama-sama berakhir seram karena si mahasiswa ini baru tahu belakangan bahwa ia sebenarnya bukannya naik kereta seperti yang ia yakini, melainkan jalan kaki menyusuri rel karena nggak ada kereta yang beroperasi di jam kepulangannya itu!

4. Hantu Danau Kenanga

Danau Kenanga adalah salah satu dari 8 danau yang ada di UI. Danau ini terletak persis di sebelah Balairung UI, tempat yang biasa digunakan untuk menyambut mahasiswa baru maupun upacara wisuda. Alumnus Fakultas Kedokteran Gigi, Fashiola Yudianto, mengaku pernah mendengar cerita keberadaan hantu di sana. Hantu itu muncul ketika volume air danau pasang. Namun, dia sendiri belum pernah mendengar langsung cerita teman-temannya yang pernah melihat hantu itu.

Alumni UI lainnya, Rita, mengatakan, pada tahun 2010 dirinya serta teman-temannya sedang asyik bercerita sambil melewati danau tersebut. Seketika itu, tercium bau melati dan terdengar auman harimau dari arah danau. “Kami langsung jalan terburu-buru dari arah danau menuju masjid UI,” kenangnya.

Baca Juga:

Hati-hati! Ini Area-area Kampus UI yang Terkenal Angker dan Berpenghuni

Kisah Misteri Angkernya Kuburan Bus Dramaga, Sering Terdengar Suara Tangisan Wanita

Terkenal Angker! Ini Deretan Kisah Mistis di Bekas Pabrik Boneka Kayu Bekasi

5. Hantu Mahasiswi

Cerita ini bermula dari pengalaman para satpam penjaga Gerbatama (Gerbang Utama) UI yang masuk shift malam. Dari penuturan mereka, sering ada penampakan seorang mahasiswi yang minta diantar pulang ke rumahnya di kawasan Bintaro. Berdasarkan penelusuran, beberapa tahun silam ada mahasiswi yang meninggal akibat tabrak lari di sekitar gerbang utama UI sepulang kuliah.

Arwahnya gentayangan karena dia tidak pernah sampai ke rumah. Konon, hantu ini juga akan mencegat taksi kosong yang baru mengantar penumpang ke dalam kampus. Biasanya, supir taksi baru sadar bahwa mahasiswi ini adalah hantu saat sudah sampai di tujuan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24