Kunjungan Kerja ke Bandung, Jokowi Tinjau Fasilitas Produksi dan Uji Klinis Vaksin Covid-19
Foto
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Instagram/jokowi

Kunjungan Kerja ke Bandung, Jokowi Tinjau Fasilitas Produksi dan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2020. Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara Kota Bandung, Jokowi dan rombongan langsung menuju Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di markas Kodam III/Siliwangi. 

Baca Juga: Tekan Dampak Ekonomi akibat Corona, Jokowi Tegaskan Gunakan Prinsip Gas dan Rem

Dia memberikan sejumlah arahan melalui konferensi video untuk penanganan Covid-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan pers Sekretariat Presiden, Jokowi juga diagendakan untuk menuju PT Bio Farma Kota Bandung untuk meninjau fasilitas produksi vaksin Covid-19 dari Sinovac China.

Selain itu, dia akan meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 di Gedung Eyckman yang dipandu oleh Tim Peneliti Uji Klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

"Sebelum kembali ke Jakarta, saya juga akan meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 di Gedung Eyckman yang dipandu oleh Tim Peneliti Uji Klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan Presiden Jokowi direncanakan meninjau langsung hari pertama proses uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac di Kota Bandung pada Selasa 11 Agustus 2020.

Uji klinis vaksin Covid-19 itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Horor! Sara Wijayanto Beberkan Sosok Makhluk Gaib di Kamar Ayu Ting Ting

Terawan mengatakan penyuntikan vaksin kepada relawan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk itu, dia meninjau secara langsung persiapan uji klinis vaksin itu sebelum kedatangan Presiden Jokowi.

Sejauh ini 21 orang relawan sudah dilakukan tes usap sebagai syarat sebelum dilakukan penyuntikan vaksin asal Tiongkok itu. Apabila semuanya dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah sesuai dengan syarat, maka Selasa, 11 Agustus 2020, mereka akan dilakukan penyuntikan.




Sumber: Liputan 6, Kumparan, Detik



Tag :

JokowiVaksin CoronaPT Bio FarmaBandungVirus coronajawa barat

Artikel Terkait :

  • Jadwal KRL Terbaru Hari Ini Selama PSBB, Posisi Real Time

  • Sederet Kemewahan Hidup Rumah Tangga Momo Eks Geisha

  • Tanpa Gejala, Ketua KPU Arief Budiman Positif Corona dan Isolasi Dirumah

  • 4 Destinasi Wisata Hits di Surabaya, yang Dapat Memanjakan Mata


  • Share to: