Terkait Ledakan di Beirut, Mantan agen CIA: Bukan Serangan Militer

Terkait Ledakan di Beirut, Mantan agen CIA: Bukan Serangan Militer

Ahmad
2020-08-06 17:26:29
Terkait Ledakan di Beirut, Mantan agen CIA: Bukan Serangan Militer
Foto: AFP

Seorang mantan agen CIA, Robert Baer, menduga ada bahan kimia selain amonium nitrat yang tersimpan di gudang yang menjadi sumber ledakan di Beirut, Libanon pada Selasa 4 Agustus 2020. Baer menduga ada amunisi lain yang tersimpan di gudang tersebut.

Ia menduga ada amunisi atau senjata api dan bahan kimia lain yang tersimpan bersama amonium nitrat hingga bisa memicu ledakan dahsyat.

Disebutkan Baer bahwa amonium nitrat, yang biasa digunakan dalam pupuk dan bahan peledak, memang ada di dalam gudang yang mengalami ledakan dahsyat. Namun dia meyakini bukan hanya amonium nitrat saja yang menjadi penyebab dua ledakan besar yang sejauh ini menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai 4 ribu orang lainnya.

Baca Juga: Ledakan Lebanon, Antara Krisis Ekonomi dan Krisis Politik

"Itu jelas merupakan ledakan militer, bukan semata dari amonium nitrat. Anda melihat bola oranye (dari api), dan itu jelas, seperti saya katakan adalah sebuah peledak militer," jelas Baer, dilansir dari CNN, Kamis 6 Agustus 2020.

"Ini hampir terlihat seperti sebuah kecelakaan. Tetapi pertanyaannya adalah apakah itu bahan peledak militer, siapa yang akan bertanggung jawab atau mengapa disimpan di sana?," ucapnya.

Seperti disampaikan kantor berita Lebanon, NNA, menyebut ledakan terjadi akibat kebakaran besar di sebuah gudang yang dipakai menyimpan kembang api dan petasan di dekat pelabuhan Beirut.

Namun kemudian Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, mengungkapkan ada 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan selama 6 tahun di salah satu gudang pelabuhan tanpa adanya langkah-langkah keamanan. Amonium nitrat sebanyak itu disebut sebagai sitaan dari sebuah kapal kargo sejak tahun 2014 lalu.

"Saya sudah bekerja di Libanon selama bertahun-tahun, dan tidak ada yang mau mengakui bahwa mereka menyimpan bahan peledak militer di pelabuhan. Itu tidak kompeten dan mungkin korupsi. Itu hal yang bodoh untuk dilakukan."

Baca Juga: Ledakan Dahsyat di Lebanon, Pesepak Bola Dunia Ikut Berduka

Besarnya ledakan yang terjadi di pelabuhan Beirut sempat memicu gempa dengan magnitudo 3,3 dan terasa hingga Siprus, yang berjarak 200 kilometer dari lokasi kejadian.

Ribuan ton bahan kimia yang tersimpan di gudang di pelabuhan Beirut disebut merupakan barang sitaan dari kapal milik perusahaan Rusia karena melanggar sejumlah aturan pada 2013 lalu.



Sumber: CNN, Detik, Kompas


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30