Sering Memakan Korban, Begini Sosok Penunggu dan Cerita Mistis di Sungai Ciliwung Versi Warga

Sering Memakan Korban, Begini Sosok Penunggu dan Cerita Mistis di Sungai Ciliwung Versi Warga

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-31 15:30:06
Sering Memakan Korban, Begini Sosok Penunggu dan Cerita Mistis di Sungai Ciliwung Versi Warga
Sungai Ciliwung (foto: detik.com)

Sungai Ciliwung yang barada di Palau Jawa ini menyimpan cerita mistis karena sering memakan korban. Salah satu warga juga mengungkap dan menceritakan keangkeran sungai yang melintasi Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Jakarta ini.

Warga yang dimaksud bernama Amar, Amar menyebut penghuni sungai seolah meminta tumbal dari tahun ke tahun. "Penunggu di sini item tinggi gede," ucap Amar.

Baca Juga:

Kota Kediri Merupakan Salah Satu Kota Tertua di Indonesia, ini 5 Kota Lainnya

Cerita Seram Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Sleman, Diajak Ngobrol Makhluk Gaib

Mengerikan! 5 Lokasi Pembantaian Besar-besaran di Indonesia

Amar juga mengungkap tempat bersemayam makhluk gaib itu, dia menunjukkan makhluk gaib itu bersemayam di pohon kapuk yang berada di sekitar sungai Ciliwung, Taman Sempur, Kota Bogor.

Menurut dia, keangkeran sungai Ciliwung bukan hal aneh bagi warga yang tinggal dibantaran. Karena aneka ragam kejadian misteri sering terjadi. Bahkan warga setempat pun pernah menjadi korban.

Ia mengatakan di awal kejadian, arwah sang korban mendatangi rumah warga meminta tolong untuk menutup atau melarang siapapun main dan berenang di lokasi kejadian. "Tiga hari berturut-turut setiap rumah didatangi oleh arwah yang penasaran," kisah Amar.

Selain tiap tahun selalu memakan korban, Amar menyebut di area Ciliwung sering terdengar suara gamelan atau karinding (musik khas Sunda), terutama di bawah jembatan Sempur sering terdengar suara musik itu berasal. Namun keangkeran itu saat ini tidak terlalu sering terdengar, karena kolong jembatan sudah difasilitasi penerangan. "Dulu mah, gelap banget dan hal aneh sering ada disana," ucap Amar.

Amar mengatakan hal itu wajar baginya. Dia mengatakan sebagai warga pribumi asli di situ dia sedikit banyak tahu tentang mitos atau cerita legenda seputaran Ciliwung. Dia menceritakan konon dulu saat masih jaman kerajaan Pajajaran di area tersebut ada batu besar dan batu itu di klaim sebagai tempat bertapanya raja-raja Pajajaran alias Prabu Siliwangi.

"Sehingga sampai sekarang Ciliwung disebut sebagai sungai termasyur milik Bogor, yang dulunya adalah pusat kerajaan Pajajaran," kata Amar.

Baca Juga:

Merinding Dengarnya! 5 Lagu Ini Dianggap Seram dan Berbau Mistis

Kisah Horor Penemuan 2 Jenglot di Embung Bontit Pare Sragen yang Dikenal Sebagai Tempat Angker

Mengerikan! Ini 5 Fakta yang Sangat Mengerikan Terjadi dari Sumpah Pocong

Secara tidak langsung, Amar ingin menginformasikan kepada seluruh warga masyarakat yang bermain di Sempur, harus bisa menjaga tata krama dan menjaga adab. Dia menyebut karena Bogor itu baik kota atau kabupatennya, memiliki atau syarat dengan mistis kelegendaan Pajajaran. "Ya maklum anak zaman sekarang sudah kebanyakan tidak banyak yang tahu tentang sejarah Bogor," ucap Amar.

Seorang warga lainnya, Nurry 36 tahun, mengatakan hal serupa. Di lokasi yang sering terjadi kecelakaan dan memakan korban itu sejak dulu sudah sangat angker. Bahkan orang tua pribumi di sana, sering berpesan untuk tidak asal bicara dan main-main. "Ya katanya takut ada yang keganggu, karena di sekitar sini banyak penunggunya dan ada sejak jaman (kerajaan) Pajajaran, bahkan sejak (kerajaan) Salaka Negara," ucap Nurry.

Sumber: tempo.co


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30