Sejarah! Misteri 5 Kota Tertua Yang Ada di Indonesia

Sejarah! Misteri 5 Kota Tertua Yang Ada di Indonesia

Ekel Suranta Sembiring
2020-07-31 14:49:32
Sejarah! Misteri 5  Kota Tertua Yang Ada di Indonesia
ugu Jam Tamansari di Kota Salatiga (foto: wikipedia)

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau yang terbagi menjadi beberapa provinsi. Provinsi-provinsi ini kemudian akan terbagi lagi menjadi beberapa Kota. Kota di Indonesia terbilang sangat banyak, tak tanggung-tanggung jumlahnya sekitar 98 kota. Dari banyaknya kota-kota ini, beberapa diantaranya tercatat sebagai kota tertua di Indonesia yang memiliki sejarah tersendiri.

Mungkun masih ada yang belum tahu nama kota yang tertua di Indonesia ini. Lantas kota apa saja, berikut ulasannya:

Baca Juga:

5 Lokasi di Indonesia yang Pernah Dijadikan Tempat Pembantaian Massal Besar-besaran

Cerita Seram Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Sleman, Diajak Ngobrol Makhluk Gaib

Merinding Dengarnya! 5 Lagu Ini Dianggap Seram dan Berbau Mistis

1. Palembang

Palembang yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sematera Selatan ini termasuk sebagai kota tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 683 masehi. Kota ini jega tercatat sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sumatera  setelah Kota Medan. Kota ini memiliki luas 358,55 Km persegi dan dihuni oleh 1,7 juta orang. Pada awalnya kota Palembang merupakan ibu kota dari kerajaan Bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara. Sejak saat itulah kota yang terkenal akan empek-empeknya ini mulai ramai dihuni masyarakat dari berbagai daerah.

2. Kota Malang

Malang merupakan termasuk kota tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 760 masehi, tepatnya pada tanggal 28 November. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota ini memiliki luas 252,10 Km persegi dan dihuni oleh 4 juta orang. Kota ini berkembang sejak hadirnya administrasi Kolonial Belanda terutama ketika mulai dioprasikan jalur kreta api pada tahun 1879. Saat ini Kota Malang merupakan salah satu kota terkenal di Indonesia yang menjadi tujuan wisata para pelancong.

3. Kediri

Kota Kediri merupakan kota tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak 879 masehi. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia. Kota ini memiliki luas 63,4o km persegi, di kota Kediri terdapat juga peninggalan-peninggalan sejarah  pada zaman kerajaan seperti candi dan arca. Salah satu kerajaan yang terkenal di kota ini adalah Kerajaan Singasari. 

4. Kota Magelang

Kota Magelang juga termasuk kota tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 907 masehi, tepatnya pada tanggal 11 April. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia yang sangat terkenal yaitu Candi Borobudur. Meski pun kota ini termasuk kecil, namun nilai sejarah yang dimilikinya sangat tinggi. Pada abad ke 18, Inggris pernah memerihtah Kota Magelang dan menjadikannya menjadi pusat pemerintahan.

5. Kota Purworejo 

Kota ini juga termasuk kota tertua di Indonesia yang telah berdiri pada tahun 901 masehi, tepatnya pada tanggal 5 Oktober. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini pernah menjadi ibu kota pada tahun 1945-1949. Kota ini memiliki luas 52, 73 km persegi dan dihuni oleh 98.620 orang. Kota yang terletak di jalan utama via pantai selatan ini memiliki cukup banyak potensi yang dapat dijadikan daya tarik masyarakat.

Baca Juga:

Kisah Horor Penemuan 2 Jenglot di Embung Bontit Pare Sragen yang Dikenal Sebagai Tempat Angker

Pasien Corona Bunuh Diri Loncat dari Lantai 6 RS Haji Surabaya, Diduga Depresi

Seram! Kisah Misteri Tikungan Jalan di Pinrang Sulawesi Selatan Ini Hampir Setiap Hari Ada Kecelakaan

6. Salatiga

Kota ini telah berdiri sejak tahun 750 masehi. Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini menyimpan sejarah yang panjang dan kuat karena pernah mengalami sebuah masa peperangan hebat di zaman kerajaan. Lahirnya kota kecil ini tertuang dalam sebuah tulisan yang tertulis di atas sebuah batu prasasti bernama pelumpungan. Prasasti pelumpungan ini berada di Desa Kauman Kidul, Siderejo.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30