Hadapi Gelombang Dua Corona, 8 Negara Eropa Perketat Aturan

Hadapi Gelombang Dua Corona, 8 Negara Eropa Perketat Aturan

Ahmad Diponegoro
2020-07-19 11:00:00
Hadapi Gelombang Dua Corona, 8 Negara Eropa Perketat Aturan
Foto: Reuters

Sejumlah negara di benua Eropa memperketat penindakan untuk menghadapi gelombang kedua virus corona. Saat ini Eropa menjadi benua keempat dengan kasus corona terbanyak.

Berbagai aturan mulai diterapkan lagi agar tak kembali terkena pukulan corona.

Dikutip AFP, Minggu 19 Juli 2020, setidaknya ada delapan negara Eropa yang memperketat tindakan sebagaimana daftar berikut:

Baca Juga: Ini Penjelasan Pemerintah Kenapa Indonesia Masih Menggunakan Rapid Test

Spanyol

Sejak 17 Juli kemarin, kurang lebih empat juta penduduk di Barcelona diminta tidak keluar rumah oleh pemerintah daerah sejak peningkatan kasus virus corona. Mereka disarankan untuk keluar rumah ketika benar-benar diperlukan.

Pemerintah Barcelona juga memerintahkan penutupan bioskop, teater, klub malam dan melarang pertemuan lebih dari 10 orang. Kemudian restoran yang tetap beroperasi harus membatasi kapasitas pengunjung sebanyak 50 persen.

Kemudian Spanyol juga memperketat syarat penggunaan masker bagi penduduk ketika berpergian keluar rumah.

Perintah untuk tidak keluar rumah juga diterapkan kota Cater Lerida sejak 15 Juli. Tindakan ini akan berdampak pada sekitar 250 ribu orang yang berada di kota tersebut.

Portugal

Perintah untuk tidak keluar rumah di Kota Lisbon sudah diterapkan sejak 1 Juli lalu. Kurang lebih pada kota itu terdapat 700 ribu penduduk.

Inggris Raya

Pada 30 Juni kota Leicester memulai lockdown wilayah dengan penutupan sejumlah toko yang dinilai kurang penting. Saat ini lockdown mulai dilonggarkan menjelang evaluasi dalam dua pekan.

Kemudian penggunaan masker yang sudah diwajibkan di kota Skotlandia akan berlaku di semua toko dan pasar swalayan di Inggris mulai 24 Juli.

Irlandia

Rencana pembukaan kembali bar pada 13 Juli diundur ke 10 Agustus setelah kasus corona meningkat. Pertemuan dalam ruangan dibatasi hanya 50 orang dan luar ruangan dibatasi 200 orang.

Baca Juga: Geger! Warga Desa Wana Kerta Temukan Jasad Bayi Baru Lahir di Tong Sampah

Selain itu, penggunaan masker diwajibkan bagi orang-orang yang beraktivitas di luar rumah.

Prancis

Mewajibkan penggunaan masker di ruang terbuka dan tertutup mulai pekan. Penggunaan masker di ruang tertutup diwajibkan sejak kejadian di salah satu tempat tertutup di Mayenne, Prancis Utara yang menjadi hotspot corona.

Belgia

Mewajibkan penggunaan masker untuk usia 12 tahun ke atas di ruang publik seperti toko, bioskop, perpustakaan dan tempat ibadah sejak 11 Juli karena kasus corona meningkat sedikit.

Jerman

Meski tidak terlalu terdampak virus corona dari negara tetangga, pemerintah pusat dan daerah menyetujui lockdown yang lebih ketat. Hal itu mereka lakukan untuk mencegah gelombang kedua virus corona.

Hungaria

Sejak 12 Juli lalu pemerintah Hongaria melarang perjalanan dari Amerika Selatan, Afrika dan sebagian besar Asia. Mereka juga membatasi pendatang dari beberapa negara Eropa setelah peningkatan kasus corona di seluruh dunia.







Sumber: AFP, CNN


Share :