Wow! Ternyata Ini Rahasia Wanita Karo yang Baru Melahirkan Agar Kembali Seperti Gadis

Wow! Ternyata Ini Rahasia Wanita Karo yang Baru Melahirkan Agar Kembali Seperti Gadis

Alpandi Pinem
2020-07-08 09:00:00
Wow! Ternyata Ini Rahasia Wanita Karo yang Baru Melahirkan Agar Kembali Seperti Gadis
Ilustrasi Wanita Awet Muda (Istimewa)


Kehamilan dan pasca persalinan akan mengakibatkan timbulnya perubah pada tubuh ibu. Kulit dan otot perut akan turut merenggang, yang disebabkan adanya janin dalam perut. Perubahan tubuh yang lain pun biasanya kerap muncul, seperti kegemukan, kulit merenggang, kulit kotor, dan rambut rontok.

Perawatan tubuh yang baik, tentu akan turut andil dalam memulihkan kesehatan dan kecantikan ibu agar kembali seperti keadaan semula. Begitu pula halnya dengan perempuan Karo dari Sumatera Utara, perawatan tubuh pasca melahirkan juga merupakan sesuatu hal yang sangat diperhatikan.

Dalam membantu kecantikan kembali seperti keadaan semula layaknya seorang gadis, perempuan Karo yang baru bersalin ternyata memiliki rahasia alami obat tradisional yang diwariskan nenek moyang dari generasi ke generasi.

Rahasia tersebut adalah oukup, yakni salah satu cara perawatan kesehatan ibu pasca melahirkan. Secara tradisi, seseorang atau ibu-ibu yang melakukan oukup dibungkus dengan kain selimut dan kemudian diuap melalui sebuah wadah yang dipanasi dan diberi ramuan tumbuh-tumbuhan.

Dengan menjalani perawatan oukup, perempuan yang baru bersalin dipercaya sangat baik untuk membersihkan darah kotor, sekaligus memudahkan kulit agar kembali halus dari kerut-kerutan setelah proses kehamilan.

Baca Juga : Ternyata Ini Rahasia yang Membuat Rambut Perempuan Karo Tempo Dulu Panjang dan Wangi

Baca Juga : Selain Tawar Mencibut, Ternyata Resep Ini Mampu Bikin Keperkasaan Pria Karo Lebih Oke

Baca Juga : Tak Disangka, Bintang Film dan Penyanyi yang Digemari Kalangan Melenial Ini Berdarah Suku Karo


Menurut penuturan orang Karo, oukup ini bisa dilakukan dua pekan setelah persalinan, karena selama kurun waktu tersebut, kemungkinan pendarahan tidak akan terjadi.

Cara perawatan dengan oukup kemudian dipraktekkan secara turun-temurun dan menjadi tradisi yang khas bagi orang Karo. Sesuai dengan perkembangan zaman, tradisi ini terus mengalami perubahan dan perkembangan.

Bentuk-bentuk perubahan ini dapat ditemui di sekitar Kota Medan. Perubahan yang ditemui dalam pelaksanaan oukup adalah teknik penguapannya, sedangkan ramuan utama tidak banyak mengalami perubahan yang mendasar karena terdapat perkembangan jumlah jenis ramuan hanya sebatas pada ramuan alternatif dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan, terutama struktur dan komposisi vegetasi di masing-masing wilayah, serta falsafah budaya yang melatar belakanginya.

Komodifikasi oukup ternyata merubah pandangan masyarakat bahwa tidak hanya untuk ibu yang baru bersalin, tetapi berkembang untuk semua kalangan, tidak mengenal jenis kelamin maupun kelas usia.

Secara perlahan fungsi oukup yang awalnya hanya untuk ibu pasca melahirkan, sekarang fungsi utama tersebut bergeser ke:

1. Kesehatan, karena pada saat ini saat badan terasa kurang sehat banyak masyarakat yang menggunakan Oukup sebagai cara pemulihan.

2. Pengobatan, karena bila menurut masyarakat merasa sakit kepala atau masuk angin.

3. Kebugaran, untuk memulihkan stamina kembali.

4. Kecantikan, karena membuat kulit terasa cerah kembali dan dapat membakar kalori.

Untuk itu dapat dilihat, meskipun dunia pengobatan makin berkembang dengan pesat bukan berarti pengobatan tradisional di Tanah Karo telah menghilang. Oukup adalah salah satu contoh bagaimana orang Karo masih tetap memanfaatkan tumbuh-tumbuhan melalui uap air untuk kebugaran dan kesehatan, terutama pada pasca melahirkan.

Baca Juga : Ini Biodata Lengkap Mawar Eva De Joght, Selebritis yang Digemari Kalangan Melenial Berdarah Suku Karo

Baca Juga :Inilah Foto-foto Cantik Mawar Eva De Jongh, Selebriti Berdarah Suku Karo yang Digemari Kalangan Melenial

Baca Juga : Ini Cerita Mistis Tentang Gunung Sibayak yang Dikaitkan dengan Hilangnya Sejumlah Wisatawan


Oukup sampai saat ini masih ada digunakan dan dipraktekkan. Akan tetapi kekayaan pengetahuan suku-suku bangsa di Indonesia terkhusus untuk oukup pada Suku Karo belum tergali secara maksimal.

Dengan demikian, agar pengobatan tradisional oukup tidak hilang sebagai identitas dan pengetahuan, maka masih perlu dilakukan penelitian untuk mengebangkan potensinya, yang pada dasarnya cukup bermanfaat baik dari segi pengetahuan maupun fungsinya untuk kebugaran dan kesehatan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24