500 TKA China akan Masuk Sulawesi Tenggara, Dapat Dukungan Luhut dan BKPM

500 TKA China akan Masuk Sulawesi Tenggara, Dapat Dukungan Luhut dan BKPM

Dedi Sutiadi
2020-06-29 18:30:00
500 TKA China akan Masuk Sulawesi Tenggara, Dapat Dukungan Luhut dan BKPM
Ilustrasi TKA. (Foto: Istimewa)

Rencana memasukan Tenaga Kerja Asiang (TKA) asal China sebanyak 500 orang ke Sulawesi Tenggara menuai banyak pro-kontra publik. Tidak hanya dikhawatirkan memperluas penyebaran covid-19, namun juga melihat pengangguran pekerja Indonesia akibat PHK berjumlah jutaan.

Tolakan (kontra) dari Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, bersama sejumlah pejabat daerah. Namun, dukungan (pro) dari Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan dan Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Luhut mengatakan, kehadiran pekerja asing perlu didukung karena berpotensi membuka lapangan kerja baru. Luhut juga menilai keberadaan mereka tak mengancam nasib pekerja lokal lantaran hanya untuk sementara waktu. 

Baca juga: Ini 13 Wilayah di RI Laporkan Nihil Kasus Baru Corona Per 29 Juni

"Tenaga asing apa sih? dia datang 500 orang untuk 5.000 orang. Mereka hanya 6 bulan tinggal, ada yang 3 bulan ada yang 1 bulan tergantung keahlian masing-masing dia harus teknologi transfer, wajib hukumnya ada teknologi transfer," ujar Luhut dalam diskusi virtual, pada Minggu, 28 Juni 2020.

Suara sependapat diungkapkan juga oleh Bahlil yang mengatakan, pekerja asing yang masuk memiliki kemampuan yang dibutuhkan. Selain itu, mereka juga telah melewati proses verifikasi BKPM.

Baca juga: Di Tengah Pendemi Corona, Ini yang Dikhawatirkan Jokowi dari Para Menterinya

"Tenaga kerja asing yang masuk ini hanyalah orang-orang yang mempunyai skill yang sudah diverifikasi di BKPM. Karena ada kerja sama antara Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Menkumham dan BKPM untuk mengatur prosedur, tata cara tenaga kerja asing masuk ke Indonesia," ujar Bahlil.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30