Kadishub DKI Sebut Pesepeda di Masa PSBB Transisi Naik 1.000 Persen

Kadishub DKI Sebut Pesepeda di Masa PSBB Transisi Naik 1.000 Persen

Ahmad
2020-06-14 14:30:00
Kadishub DKI Sebut Pesepeda di Masa PSBB Transisi Naik 1.000 Persen
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan terjadi lonjakan volume pesepeda di masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta. Dia menyebut berdasarkan hasil survei ITDP (Institute for Transportation and Development Policy), angka pesepeda naik menjadi 1.000 persen.

"Berdasarkan hasil survei terakhir yang dilaksanakan oleh rekan-rekan ITDP (Institute for Transportation and Development Policy) terjadi peningkatan jumlah pengguna sepeda itu sampai 1.000 persen selama masa transisi ini. Jadi artinya, selama masa PSBB kemudian karena masa transisi ini itu diukur terus artinya terjadi peningkatan penggunaan sepeda," kata Syafrin di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juni 2020.

Baca Juga: Di Tengah PSBB, Masih Ada Pesepeda Tak Gunakan Jalur Khusus di Bundaran HI

Syafrin mengatakan dari hasil survei didapati warga bersepeda pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Syafrin menyebut angka pesepeda naik signifikan pada siang dan malam hari.

"Dari survei status itu didapatkan jumlah pengguna sepeda dan tentu di kawasan ini ada peningkatan yang signifikan itu harus difasilitasi dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan pesepeda," sambungnya.

"Jalur sepeda saat ini yang disiapkan itu akan dijadikan uji coba pop up bike lanes kemudian akan kita evaluasi secara terus menerus. Penyediaan jalur sepeda sementara di masa pandemi, kita menggunakan jalur lalu lintas yang ada kemudian didedikasikan bagi pengguna sepeda untuk kegiatan aktivitas," ucapnya.

Sebelumnya, kata syafrin, lajur sepeda dengan pejalan kaki disatukan di trotoar. Namun, saat ini pihaknya akan memisahkan untuk jalur pesepeda untuk menekan laju penyebaran virus COVID-19.

"Jadi yang sebelumnya di beberapa jalur kita satukan dengan trotoar karena ada peningkatan pengguna sepeda kemudian dalam mengatasi wabah COVID ini agar tidak menyebar maka kita pisah sekarang jadi trotoar hanya pejalan kaki lalu lintas kita siapkan dengan batas cone," ujarnya.

Baca Juga: Ini Kata IDI Terkait Rencana Pemprov DKI Jakarta Buka Mal 15 Juni

Jalur pesepeda nantinya akan dilebarkan menjadi 2 meter. Syafrin menyebut pelebaran ini dilakukan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Lebarnya 2 meter yang tadinya tidak ada jadi ada seperti ini jadinya nanti (menunjuk kawasan HI). Pelebaran di sepanjang Sudirman-Thamrin," tuturnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24