Masjid di Bandung Barat Mulai Gelar Salat Berjemaah, Setelah ditetapkan New Normal

Masjid di Bandung Barat Mulai Gelar Salat Berjemaah, Setelah ditetapkan New Normal

Yuli Nopiyanti
2020-06-01 15:36:31
Masjid di Bandung Barat Mulai Gelar Salat Berjemaah, Setelah ditetapkan New Normal
Shalat berjamaah di masjid (Foto:Dok.Istimewa)

Ditengah pandemi virus corona sejumlah masjid di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai memperbolehkan jemaah melaksanakan salat berjemaah setelah penerapan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang berlangsung mulai hari ini.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya Masjid Alun-alun Lembang, juga tampak sejumlah jemaah melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan jaga jarak setiap safnya. Pengurus DKM Masjid Lembang memasang tanda dengan selotip hitam sebagai patokan berdiri jemaah saat melaksanakan salat berjemaah dengan jarak sekitar satu meter.

Namun tak hanya itu saja pasalnya ketua MUI KBB Muhammad Ridwan mengungkapkan pihaknya sudah memberikan imbauan soal diperbolehkannya masjid menggelar salat berjemaah. Terutama masjid di perkampungan warga.

Baca Juga: Saat New Normal Berlaku, Penumpang Kereta Api Wajib Pakai Masker dan Face Shield

"Betul saat ini masjid sudah boleh menggelar salat berjemaah, terutama di masjid kampung atau lingkungan tempat tinggal. Untuk Masjid Agung KBB sampai saat ini masih belum buka karena di bagian bawahnya jadi tempat isolasi pasien positif COVID-19," kata Ridwan saat dihubungi, Senin 1 Juni 2020.

Bahkan tak hanya itu saja pasalnya pada Saat melaksanakan salat fardu berjemaah dan salat Jumat, ia menegaskan, pengurus masjid dan jemaah harus menerapkan protokol kesehatan.

"Tetap wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menyemprot masjid dengan disinfektan. Jumlah jemaah pun harus dibatasi, tidak boleh terlalu padat," tutur Ridwan.

Baca Juga: Warga Kalimantan Gugat UU Minerba yang Disahkan DPR

Namun tak hanya itu saja pasalnya pengurus DKM Masjid Lembang Enjang menyambut baik pembukaan masjid untuk digunakan beribadah secara berjemaah. Sebab selama pandemi COVID-19 dan PSBB, kegiatan salat berjemaah di masjid praktis ditiadakan sementara waktu.

"Alhamdulillah sudah dibuka lagi, sangat wajib disyukuri. Masjid sekarang boleh digunakan lagi salat berjemaah, tapi tetap kita lakukan protokol kesehatan dan pembatasan jemaah, apalagi yang salat di masjid ini kan dari mana-mana, harus diantisipasi," ujar Enjang.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24