Saat New Normal Berlaku, Penumpang Kereta Api Wajib Pakai Masker dan Face Shield

Saat New Normal Berlaku, Penumpang Kereta Api Wajib Pakai Masker dan Face Shield

Ahmad
2020-06-01 15:13:59
Saat New Normal Berlaku, Penumpang Kereta Api Wajib Pakai Masker dan Face Shield
Foto: Istimewa

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menyiapkan protokol kesehatan dalam menyambut New Normal. Salah satu aturan yang harus ditaati para penumpang yaitu wajib menggunakan masker dan face shield.

Ini sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01/07/Menkes/32/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

Baca Juga: Pemerintah Sebut New Normal Bukan Ibarat Bendera Start Lomba Lari

"Di konsep new normal nya seperti itu, masker dan face shield harus dipakai saat naik KA," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada wartawan, Senin 1 Juni 2020.

Fasilitas face shield ini sendiri akan disediakan gratis oleh KAI dan wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan.

Selain itu, KAI akan melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang sebelum memasuki area stasiun. Penumpang yang mimiliki suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius dilarang masuk stasiun.

Dia mengatakan, pedoman tersebut akan diaplikasikan ketika Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi. Saat ini, KAI masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan dan terus memperhatikan perkembangan penerapan PSBB di berbagai daerah.

Baca Juga: Simak Yuk! Berikut 5 Tips Makan di Restoran Saat New Normal

Pada pedoman new normal ini, nantinya pemesanan tiket hanya dapat dilakukan secara online yaitu Aplikasi KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show tiap tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Pada proses boarding, penumpang harus menunjukkan tiket dan identitas penumpang kepada petugas boarding. Jika sudah diperiksa, maka penumpang kereta api melakukan scan tiket secara mandiri.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30