Tak Disangka! Inilah Daftar 7 Musisi Indonesia yang Ternyata Lebih Terkenal di Luar Negeri

Tak Disangka! Inilah Daftar 7 Musisi Indonesia yang Ternyata Lebih Terkenal di Luar Negeri

Alpandi Pinem
2020-05-28 19:12:53
Tak Disangka! Inilah Daftar 7 Musisi Indonesia yang Ternyata Lebih Terkenal di Luar Negeri
Joey Alexander (Istimewa)


Sejumlah musisi Indonesia berhasil go internasional dengan menunjukkan karya terbaik mereka dan diakui di dunia internasional. Karya mereka tidak hanya diakui di dalam negeri saja, tapi juga di luar negeri.

Berikut inilah daftar musisi Indonesia yang namanya lebih terkenal di luar negeri. 

1. Joey Alexander


Joey Alexander remaja yang kini masih berusia 15 tahun ini namanya udah terkenal di dunia yang merupakan pianis jazz Indonesia yang memenangkan Grand Prix di Master-Jam Festival tahun 2013 lalu dan berhasil tampil di Montreal dan Newport Jazz Festival tahun 2015 lalu.

Joey juga menjadi seniman Indonesia pertama yang masuk ke Billboard 200 chart. Soal penghargaannya, di umur yang masih sekolah tersebut, Joey udah ngantongin 3 piala Grammy: Best Improvised Jazz Solo di tahun 2016 dan 2017 serta Best Jazz Instrumental Album di tahun 2016.

2. Anggun Cipta Sasmi


Nama Anggun memang tidak terlalu terdengar lagi di Indonesia karena bagiannya yang menjadi salah satu musisi Indonesia yang mendunia dan mengawali karier internasionalnya sejak tahun 1994. Ia mengejar karir internasionalnya di Eropa, salah satunya Inggris dan Prancis. Sekarang, nama Anggun udah bukan nama yang asing lagi bagi kebanyakan warga Eropa, terutama Prancis.

Bahkan, sekarang Anggun sudah mempunyai lima album studio berbahasa Inggris dan enam lagu studio album berbahasa Prancis. Sebagai pengakuan kesuksesannya di Eropa, Anggun pernah menjadi representasi Prancis di Eurovision Song Contest 2012 di Azerbaijan dengan lagu “Echo (You and I)”.

Berkat kegigihannya, tidak heran Anggun bukan hanya jadi musisi Indonesia yang mendunia, tapi ia juga jadi seniman Asia dengan penjualan album tertinggi di luar Asia yang membuatnya mendapatkan sertifikasi emas dan platinum di beberapa negara Indonesia. Anggun pun menjadi orang Indonesia pertama yang sukses di chart record Amerika dan Eropa.

Baca Juga : Tak Disangka, Bintang Film dan Penyanyi yang Digemari Kalangan Melenial Ini Berdarah Suku Karo

3. Dira Sugandi


Lahir dari keluarga penyanyi, Dira Sugandi memulai karirnya dengan mengambil jurusan Vocal Performance di Jurusan Musik Universitas Pelita Harapan. Setelah lulus, ia berhasil berkolaborasi dan berkolaborasi dengan berbagai musisi Indonesia sampai musisi internasional: Incognito, Keith Martin, Yellow Jacket dan Jason Mraz sampai tenor Italia, Andrea Bocelli.

Di tahun 2009, Dira mendapatkan gelar Indonesian Young Jazz Talent Award di Java Jazz Festival Jakarta. Untuk album-albumnya sendiri juga nggak cuma rilis di Indonesia, tapi juga di Inggris dan Jepang.

4. Rich Brian


Keterkenalan rapper bernama asli Brian Imanuel ini tidak dipungkiri lagi. Selain karena tingkahnya yang unik di media sosial Twitter, Instagram, dan Youtube, lagu-lagu besutan Rich Brian membuatnya sangat populer di industri rap Amerika Serikat. Rich Brian juga akan menggelar konser di Amerika Serikat, membuktikan dirinya bukan hanya sensasi sekejap.

5. Mocca


Band asal Bandung yang digawangi oleh Arina, Riko, Indra, dan Toma adalah orang-orang di balik keberhasilan Mocca. Mocca debut di tahun 2003 dengan album My Diary yang langsung disukai banyak orang karena lirik dan musik yang sederhana. Band indie ini mulai mengembangkan sayapnya di tahun 2005 dengan menggelar konser di Singapura.

Setelah Singapura, Mocca juga berhasil menembus pasar Korea. Bahkan banyak yang beranggapan Mocca lebih punya banyak fans di Korea karena beberapa kali tampil di stasiun televesi. Selain itu beberapa lagu Mocca juga jadi soundtrack drama Korea seperti Personal Taste dan Flower Boy Ramen Shop.

Baca Juga : Inilah Foto-foto Cantik Mawar Eva De Jongh, Selebriti Berdarah Suku Karo yang Digemari Kalangan Melenial

6. Bottlesmoker


Nama Bottlesmoker mungkin masih asing di telinga orang-orang padahal duo Angkuy dan Nobie ini sudah sangat dikenal di luar negeri. Genre musik Bottlesmoker memang belum biasa untuk para pendengar di Indonesia. Musik instrumen yang bergenre electronic yang dibuat oleh Angkuy dan Nobie ini memang sangat unik mengandalkan bunyi dari mainan alat musik.

Walaupun namanya mungkin belum banyak dikenal, Bottlesmoker sempat mendapatkan penghargaan emas di salah satu ajak kompetisi musik indie di Asia Pasifik. Album Bottlesmoker ini banyak diminati pecinta musik dari berbagai belahan dunia mulai Rusia sampai Jepang.

7. The S.I.G.I.T


Band rock asal Bandung, The S.I.G.I.T juga berhasil menembus pasar internasional walaupun memilih jalur indie. Bahkan, The S.I.G.I.T lebih dulu menguasai pasar musik Australia. The S.I.G.I.T yang digawangi oleh Rekti, Farri, Acil, dan Adit ini juga sempat tampil di South by South West Festival, Texas, Amerika Serikat. Sampai sekarang The S.I.G.I.T sering mengadakan berbagai tur di Australia.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24