Ma'ruf Amin Sebut Intoleransi Terhadap Sebuah Kepercayaan Melanggar Konstitusi

Ma'ruf Amin Sebut Intoleransi Terhadap Sebuah Kepercayaan Melanggar Konstitusi

Ahmad
2020-02-19 18:30:00
Ma'ruf Amin Sebut Intoleransi Terhadap Sebuah Kepercayaan Melanggar Konstitusi
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Instagram

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut sikap intoleransi terhadap sebuah kepercayaan lain melanggar konstitusi. Kemudian, Ma'ruf mengatakan konstitusi menjamin kebebasan beragama.


"Intoleransi terhadap kepercayaan lain adalah pelanggaran terhadap konstitusi, konstitusi kita menjamin hak kebebasan beragama," kata Ma'ruf dalam sambutannya di kuliah umum dengan tema 'Pencegahan Paham Radikal-Terorisme di Kalangan Mahasiswa' di Universitas Mataram, Lombok, Rabu 19 Februari 2020.


Dalam kesempatan tersebut, dia mengatakan Pasal 28E ayat 1 UUD 1945 menjelaskan bahwa setiap orang bebas memeluk agama dan beribadah menurut agamanya. Tidak hanya itu, Ma'ruf juga menyebut Pasal 29 ayat 2 menyatakan negara menjamin kemerdekaan setiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing.


Dia menyebut toleransi perlu menjadi bagian dari sikap hidup, yakni setiap orang dapat menerima perbedaan orang lain, baik mengenai pendapat maupun kepercayaan.


"Toleransi atau kerukunan seharusnya menjadi sikap hidup kita, toleransi mengandung pengertian adanya sikap seseorang untuk menerima perasaan, kebiasaan, pendapat atau kepercayaan yang berbeda dengan yang dimilikinya," tuturnya.


Menurut ketua non aktif di Majelis Ulama Indonesia ( MUI) tersebut, toleransi diperlukan untuk menjaga keutuhan dan persatuan. Sebagai agama mayoritas, Ma'ruf menyebut umat Islam perlu memegang prinsip persaudaraan.


"Kita semua harus memiliki komitmen untuk menjaga keutuhan dan persatuan nasional dengan toleransi. Umat Islam sendiri sebagai pemeluk agama mayoritas harus berpegang pada prinsip Ukhuwah Islamiyah, persaudaraan sesama Islam," pungkasnya.



Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30