Singapura Tetapkan Status Oranye, Ini Pengaruhnya

Singapura Tetapkan Status Oranye, Ini Pengaruhnya

Ahmad
2020-02-10 11:22:15
Singapura Tetapkan Status Oranye, Ini Pengaruhnya
Ilustrasi sampel darah seseorang yang positif terinfeksi virus corona. Foto: Reuters

Pemerintah Singapura baru saja menaikkan level wabah virus corona dari level kuning ke oranye. Artinya, kegiatan sekolah akan segera diliburkan hingga akhir Maret.


Dilansir dari Channel News Asia (CNA), Senin 10 Februari 2020, status wabah corona dinaikkan pada Jumat 7 Februari 2020. Sekolah-sekolah di Singapura akan meliburkan kegiatan antar sekolah dan kegiatan eksternal. Semua sekolah dan guru juga akan terus menerapkan langkah-langkah yang sudah diumumkan seperti majelis berbasis kelas.


"Saya mengerti bahwa orang Singapura cemas, khawatir dan ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang virus ini," kata Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.


"Informasi baru muncul setiap hari, kami berharap ini mungkin membutuhkan waktu untuk diselesaikan, mungkin berbulan-bulan, hidup tidak bisa terhenti, tetapi kami harus mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan melanjutkan hidup. Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengatasi situasi dan menjaga keamanan warga Singapura," tuturnya.


Selain menggagu aktifitas belajar mengajar, status oranye yang ditetapkan oleh pemerintah Singapura terkait virus memmatikan dari Wuhan, China ini. Ternyata juga mengganggu aktifitas warganya.


Ministry of Health (MOH) mengatakan Dorscon yang menjadi oranye akan memengaruhi lingkungan sekolah, tempat kerja, dan lembaga layanan kesehatan di Singapura. 


Di tempat kerja misalnya, MOH menyarankan semua perusahaan agar mengukur suhu tubuh karyawannya dua kali sehari. Perusahaan juga harus sigap jika ada karyawannya yang terindikasi virus ini.


Kemudian, MOH juga menyarankan  setiap individu untuk meminimalisir berjabat tangan selama periode oranye ini.


Adapun makna dari warna Dorscon, sebagai berikut:


Hijau: Gejala penyakit ringan atau tidak mudah menular. Warga disarankan lebih menjaga kebersihan dan diam di rumah bila sakit.


Kuning: Gejala penyakit parah atau mudah menular tapi terjadi di luar Singapura. Warga disarankan menjaga kebersihan dan perhatikan imbauan kesehatan dari otoritas setempat.


Oranye: Gejala penyakit parah dan mudah menular tapi tidak menyebar luas di Singapura. Ada gangguan pada perjalanan internasional, seperti karantina, pengecekan temperatur, dan pembatasan pengunjung rumah sakit.


Merah: Gejala penyakit parah dan menyebar luas (hampir ke seluruh wilayah). Hal ini bisa berujung terjadi penutupan sekolah, kantor, dan angka kematian tinggi. Warga diimbau menjaga jarak sosial dan menjauhi area yang ramai.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24