2 Penyebab Terjadinya Hantu Pocong, Hantu yang Indonesia Banget

2 Penyebab Terjadinya Hantu Pocong, Hantu yang Indonesia Banget

Ekel Suranta Sembiring
2020-09-01 15:05:00
2 Penyebab Terjadinya Hantu Pocong, Hantu yang Indonesia Banget
Pocong (foto: INDOZONE)

Pocong adalah sejenis hantu yang berwujud guling. Di Indonesia, hantu semacam ini dikenal pula sebagai hantu bungkus. Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarna hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah "rata" dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.

Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk "protes" dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup. Meskipun di film-film pocong sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang.

Nah, apa saja penyebab terjadinya pocong? Berikut 2 penyebab terjadinya hantu pocong:

Baca Juga:

Air Terjun Tegenungan di Bali Dicap Angker, Konon Dihuni Pedenda Gaib

Cerita Misteri Patung Bayi Raksasa di Bali, dari Suara Tangisan hingga Bagian Kepalanya Dapat Menoleh

Cerita Misteri Pura Goa Lawah di Bali, dari Tempat Hunian Makhluk Halus hingga Air Sungai Dapat Menyembuhkan Penyakit

1. Tidak Membuka Tali Kafan

Penyebab yang pertama ini yakni tidak membuka tali kafan saat proses pemakamannya. Hal ini terjadi bisa saja dengan lupa atau sengaja.

Konon, bila tidak dibuka tali kain kafannya, dia akan sibuk minta pertolongan untuk dibukakan tali pocongnya. Setelah melansir dari beberapa sumber mengenai hadirnya sosok pocong, mereka berawal dari asap yang muncul tepat di tengah-tengah pusara makamnya.

Lalu, asap tersebut mulai menjelma menjadi makhluk-makhluk kecil yang melompat-lompat dari tengah kuburannya ke arah kakinya, lalu ke kepalanya. Lama-lama sosok itu akan menyempurnakan dirinya menjadi sosok pocong yang siap berkeliling meminta pertolongan warga.

Meski kondisi kaki terikat, rupanya pocong memiliki kemampuan melompat kesana kemari. Tak jarang, pocong juga akan melayang-layang untuk menakuti para manusia. Wajahnya yang seram dengan mata melotot, akan membuat siapapun ‘ngacir’ jika melihatnya.

Konon, beberapa orang percaya pocong bukanlah jelmaan arwah penasaran orang yang telah meninggal. Mereka yakin orang yang sudah meninggal sudah memiliki alamnya masing. Nah, hantu pocong melainkan perwujudan dari makhluk halus yang ingin menakut-nakuti manusia.

Percaya gak percaya, pocong memiliki bau yang busuk bahkan seperti bangkai.

Baca Juga:

Cerita Misteri Dam Oongan di Bali, dari Tumbal Manusia hingga Sering Terjadi Penampakan

Ini Mitos Cermin yang Menyeramkan, Belum Banyak Orang Ketahui

Cerita Misteri Pura Puseh di Bali, Konon Dilarang Dikunjungi Wanita Hamil

2. Sumpah Pocong

Penyebab yang kedua terjadinya sumpah pocong yakni akibat sumpah pocong. Sumpah pocong merupakan sumpah yang diambil oleh manusia dengan menggunakan pakaian ciri khas pocong yakni kain kafan putih lengkap diikat percis seperti pocong. 

Sumpah ini diyakini banyak orang sebagai sumpah yang memiliki kramat dan sakral karena konon katanya bagi siapa saja yang melanggar sumpah ini atau berdusta ketika bersumpah maka akan menimpa sebuah malapetaka yang hebat kepada si penyumpah itu. 

Selain itu ada juga yang meyakini jika berdusta ketika melakukan sumpah pocong maka si penyumpah akan mengalami kematian dan menjadi arwah penasaran berbentuk pocong yang mengerikan. 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30