Cerita Misteri Pura Puseh di Bali, Konon Dilarang Dikunjungi Wanita Hamil

Cerita Misteri Pura Puseh di Bali, Konon Dilarang Dikunjungi Wanita Hamil

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-31 19:00:00
Cerita Misteri Pura Puseh di Bali, Konon Dilarang Dikunjungi Wanita Hamil
Pura Puseh Desa Linjong (foto: Merdeka)

Pura Puseh Desa Linjong di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali tidak seperti pura lainnya. Pura ini kabarnya menyimpan cerita misteri tentang dilarang dikunjungi wanita hamil.

Menurut cerita, parcaya atau tidak bila larangan tersebut dilanggar dipastikan si jabang bayi akan terlahir dalam keadaan cacat mental 'idiot'. Bahkan bisa lebih fatal lagi, bisa terjadi keguguran atau kehamilan hilang seketika seperti halnya kepercayaan yang terjadi di lingkungan wilayah Gunung Kidul di Jawa.

Baca Juga:

Mitos Larangan Foto Bertiga, Benarkah yang di Tengah Dapat Meninggal? ini Menurut Padangan Islam

6 Mitos Sosok Pencabut Nyawa, Salah Satunya Grim Reaper

Mitos Kata "Pamali" dalam Kehidupan Sehari-hari, Salah Satunya Anak Gadis yang Duduk di Depan Pintu Dipercaya Sulit Mendapatkan Jodoh

Pura Puseh desa Linjong ini terletak diantara pemukiman rumah penduduk desa di kecamatan Susut, Bangli. Konon menurut penuturan warga sekitar, pantangan bagi wanita hamil memasuki area pura ini lantaran muncul dari penjaga pohon beringin tua yang bertengger di area pintu masuk pura.

"Penghuni di pohon beringin tua itulah yang menghendaki untuk wanita hamil dilarang masuk pura, bahkan di halaman pura. Sudah kepercayaan kami turun temurun, soal kenapa demikian. Kami tidak tau, tetapi itu sudah wangsit yang kami yakini sejak ratusan tahun," terang salah seorang warga setempat.

Tetua adat atau Bendesa adat desa Linjong , I Wayan Turun membenarkan kepercyaan yang dianut warganya itu. Katanya, sejauh ini belum ada yang berani melanggar. Tentunya akan terlihat bilamana ada di desa Linjong yang memiliki anak idiot atau keguguran, masyarakat akan menuding telah melanggar aturan dan harus diasingkan sementara untuk kemudian dikenakan denda upacara percaruan dan sesaji 'Guru Piduka' (mohon pengampunan).

"Walaupun zaman telah berkembang, warga kami masih tetap percaya dan tidak ada warga yang berani melanggar pantangan itu. Sejauh ini belum kami temukan adanya hal-hal yang melanggar. Disini, warga kami yang menikah tidak satupun sampai sulit mendapatkan keturunan," terang Wayan Turun.

Uniknya lagi, tidak hanya aturan itu berlaku pada seorang istri yang lagi hamil. Tetapi kata Wayan Turun, juga berlaku pada sang suami dari istrinya yang sedang hamil. Bahkan hal itu sempat dialami oleh dirinya sendiri.

"Kalau wanita hamil masuk Pura itu pantangan berat, tetapi kalau suaminya hanya diberikan peringatan dan teguran oleh penguasa pura Puseh. Biasanya musibah jatuh atau kecelakaan," tuturnya.

Seperti yang dialaminya, saat dirinya melihat halaman pura dipenuhi rumput liar. Tanpa sengaja dirinya yang lupa kalau istrinya lagi hamil tua, langsung mengambil arit bermaksud untuk memotong rumput liar di area pura.

Baca Juga:

Hotel PI Bedugul di Bali Dicap Paling Berhantu, Begini Kisah Mistisnya

Disebut Kampung Horor, Kisah Misteri Desa Cibadak di Bogor yang Ditinggal Warga

Dicap Sangat Angker, Begini Cerita Horor Lawang Sewu

Entah datang dari mana, ada kekuatan besar yang mendorong dirinya hingga terpelanting saat akan memasuki anak tangga pura.

"Saya lupa istri saya hamil, mau masuk pura nyabit rumput di pura. Memang saya sudah minta izin, tetapi saya di dorong dari arah depan hingga terpental. Saat itu juga saya urungkan diri, dan meminta warga untuk membersihkan rumput di areal pura puseh," kenang Wayan Turun.

Sumber: Merdeka


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30