Ini Mitos Cermin yang Menyeramkan, Belum Banyak Orang Ketahui

Ini Mitos Cermin yang Menyeramkan, Belum Banyak Orang Ketahui

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-31 19:30:00
Ini Mitos Cermin yang Menyeramkan, Belum Banyak Orang Ketahui
Ilustrasi Cermin Menyeramkan (foto: matakepri)

Siapa yang menyangka bahwa cermin, benda yang sering kita pandangi setiap harinya ini ternyata memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang. Penelitian sejarah menunjukkan bahwa manusia mulai mengenal cermin sejak tahun 6000 SM di Anatolia diyakini adalah wilayah Turki.

Namun jangan bayangkan seperti cermin yang ada di rumah kita sekarang, pada masa itu cermin terbuat dari batuan opsodian yang diasah hingga halus dan bisa memantulkan bayangan. Sedangkan cermin kaca seperti yang ada rumah kita sekarang, baru mulai ditemukan pada abad ke 3 M di Florens, Italia.

Baca Juga:

Cerita Misteri Pura Puseh di Bali, Konon Dilarang Dikunjungi Wanita Hamil

Mitos Larangan Foto Bertiga, Benarkah yang di Tengah Dapat Meninggal? ini Menurut Padangan Islam

6 Mitos Sosok Pencabut Nyawa, Salah Satunya Grim Reaper

Satu hal yang menarik adalah orang-orang di masa lampau menganggap cermin bukanlah barang biasa, melainkan sebuah benda yang bernilai sakral. Salah satu contohnya adalah cermin yang ada pada Mesir Kuno. 

Masyarakat Mesir kala itu menganggap cermin sebagai barang keramat yang merupakan representasi dari Dewa Matahari Ra, sehingga hanya lingkaran keluarga kerajaan dan para pendeta saja yang boleh memilikinya.

Berikut mitos cermin yang jarang diketahui orang:

1. Dunia Lain di Balik Cermin

Mitos cermin ini sebenarnya diawali oleh teori konspirasi. Sama seperti cerita Alice in Wonderland yang menggunakan portal berupa sebuah pohon untuk lompat ke dimensi lain. Cermin dipercaya sebagai pintu yang bisa mengantar kita ke alam seberang.

Belum ada yang bisa membuktikan teori ini, namun mitosnya tersebar karena banyak orang yang percaya jika kita menatap bayangan kita pada cermin terlalu lama, kita dapat melihat hal-hal yang sebelumnya kasat mata.

2. Kisah Bloody Mary

Mitos cermin Bloody Mary merupakan kisah urban legend yang berasal dari Amerika Serikat. Legenda rakyat ini menyatakan bahwa apabila kita mengulang kata Bloody Mary sebanyak tiga kali di depan cermin, maka, sesosok wanita menyeramkan dengan tubuh berlumuran darah akan keluar dari kaca dan membunuh semua orang di dalam rumah ketika mereka sedang tertidur. Banyak orang yang sudah mencobanya, beberapa bahkan mendokumentasikan kegiatan tersebut di situs YouTube, namun kebenaran mitosnya belum terbukti.

3. Bayi Dilarang Melihat Cermin

Mitos cermin ini cukup terkenal di berbagai sudut dunia. Menurut kepercayaan luas, seorang anak yang masih berumur di bawah 5 tahun disebut-sebut dapat melihat makhluk halus.

Ini disebabkan oleh indra keenam mereka yang dipercaya masih terbuka dan perlahan-lahan akan tertutup seiring dengan bertambahnya usia mereka. Nah, karena kepercayaan tersebut, leluhur kita melarang bayi melihat cermin terlalu lama karena makhluk dari dunia lain akan dengan mudah berinteraksi dengan si bayi.

4. Roh Terperangkap di Dalam Cermin

Berbeda dengan mitos cermin dan bayi, kepercayaan ini hanya melarang orang dewasa untuk menatap kaca terlalu lama ketika ada seseorang yang baru meninggal di rumahnya.

Mitos ini berawal dari kepercayaan masyarakat Gypsy yang selalu menutup semua cermin atau media yang memancarkan bayangan seseorang ketika sedang berkabung. Mereka percaya bahwa apabila kaca tersebut terbuka, roh seseorang yang baru saja meninggal bisa terperangkap di dalamnya dan tidak akan pernah bisa tenang.

5. Memecahkan Kaca

Pernah dengar mitos cermin pecah? Ya, mitos satu ini ternyata tidak dikenal di Indonesia saja, namun hampir di seluruh dunia. Menurut mitos yang beredar, apabila kita bercermin pada kaca yang pecah, kita akan tertimpa kesialan selama tujuh hari. Akan tetapi, berbeda lagi dengan memecahkan cermin. Katanya kalau kamu memecahkan cermin ketika sedang kamu pegang, maka salah satu anggota keluarga kamu akan meninggal dalam waktu dekat.

Baca Juga:

Mitos Kata "Pamali" dalam Kehidupan Sehari-hari, Salah Satunya Anak Gadis yang Duduk di Depan Pintu Dipercaya Sulit Mendapatkan Jodoh

Hotel PI Bedugul di Bali Dicap Paling Berhantu, Begini Kisah Mistisnya

Disebut Kampung Horor, Kisah Misteri Desa Cibadak di Bogor yang Ditinggal Warga

6. Tidur Memunggungi Cermin

Dalam ajaran feng shui, cermin dipercaya sebagai media pemantul energi. Namun, apabila tidak disimpan pada posisi yang benar, sifatnya akan berubah menjadi pematah energi. Menurut feng shui, seseorang yang tidur memunggungi cermin akan cepat merasa kelelahan karena energi yin mereka akan terpatahkan oleh cermin.

Berbeda dengan ilmu fengshui. Menurut mitos cermin yang beredar di tanah Jawa, seseorang yang tidur dengan punggung yang menghadap cermin akan mengalami proses menua yang lebih cepat.

Sumber: 99.co


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30