PSI Bentuk Posko Investigasi Pemilu, Antisipasi Kecurangan Surat Suara Rusak

PSI Bentuk Posko Investigasi Pemilu, Antisipasi Kecurangan Surat Suara Rusak

Andrico Rafly Fadjarianto
2024-02-16 20:39:54
PSI Bentuk Posko Investigasi Pemilu, Antisipasi Kecurangan Surat Suara Rusak
PSI Bentuk Posko Investigasi Pemilu (Foto: Correcto)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) baru-baru ini menggelar konferensi pers pasca Pemilu digelar pada 14 Februari 2024 kemarin.

Berdasarkan update dari website KPU per 16 Februari 2024 pukul 17.30 WIB, suara PSI sendiri masih tertahan di angka sekitar 2,59%. PSI membutuhkan angka minimal 4% agar bisa lolos ke Senayan.

Baca Juga: Pidato Kemenangan Pemilu 2024, Gibran Rakabuming: Saya Ingin Sowan ke Paslon 1 dan 3

Ketua umum (Ketum) PSI, Kaesang Pangarep sendiri masih optimis PSI bisa lolos ke Senayan dan mencapai angka 4% suara. Untuk itu, ia meminta seluruh masyarakat khususnya kader PSI untuk menjaga dan mengawal proses perhitungan suara.


"Saya instruksikan kepada teman-teman semua untuk selalu menjaga dan mengawal proses suara, karena rekapitulasi dari KPU belum rampung dan kita harus menghargai suara masyarakat, saya selalu menginstruksikan mengawal suara masyarakat Indonesia," ucap Kaesang Pangarep di Basecamp DPP PSI, Jumat (16/2/2024).

Selain itu, PSI juga menyoroti surat suara rusak atau tidak sah di setiap TPS yang tinggi. Untuk itu, PSI membentuk Posko Investigasi Pemilu untuk mengawal perhitungan surat suara.

"Tadi sudah dikatakan instruksi kepada seluruh jajaran kader atau caleg, lalu juga ada nomor pengaduan yang sudah saya catat disini, lalu ada Posko Investigasi Pemilu bahwa semua partai memiliki saksi. Kami ingin memberitahu ada pengumuman ada beberapa masalah yang pertama itu ditemukan angka yang tinggi suara yang tidak sah atau suara rusak yang rata-rata lebih tinggi dari sebelumnya, di daerah-daerah tertentu yang harus di investigasi, apakah itu banjir, robek, rusak?" ucap Caleg PSI, Irma Hutabarat.


Ditanya mengenai optimis, Caleg PSI lainnya, Grace Natalie masih optimis PSI bisa lolos ke parlemen DPR. Hal ini berdasarkan survei internal PSI menjelang Pemilu dimana suara PSI sudah mencapai 4 persen. Selain itu, juga ada tren positif PSI setengah tahun terakhir ini.

"Kami PSI masih optimis lolos ke parlemen, mengingat ada survei internal yang kami lalukan sebelum Pemilu dimana suara PSI sudah 4 persen lebih dan juga dari lembaga survei ada tren yang didapatkan PSI setengah tahun terakhir," ucap Grace Natalie.

Grace Natalie juga menyoroti surat suara rusak yang sangat tinggi. Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran itu meminta agar hal tersebut bisa diinvestigasi lebih lanjut.

Baca Juga: Direktur Strategi Puspenpol, Adrian Zakhary Soroti Keunggulan Prabowo-Gibran di Jateng dan Bali

"Kalau yang tidak sah itu lebih dari 10 persen, ini mungkin layak untuk diinvestigasi lebih lanjut. Ini yang sedang kami kawal juga proses di lapangan," sambung Grace Natalie.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30