Erick Thohir Sebutkan Tiga Kunci Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Rakornas ICCN 2022

Erick Thohir Sebutkan Tiga Kunci Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Rakornas ICCN 2022

Ajeng Conny Pradestina
2022-09-28 18:29:44
Erick Thohir Sebutkan Tiga Kunci Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Rakornas ICCN 2022
Menteri BUMN, Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir hadir sebagai pembicara dalam acara Rakernas Indonesia Creative City Network (ICCN) 2022. Acara tersebut digelar di iNews Tower pada Rabu, 28 September 2022.

Pada kesempatan itu, Erick Thohir menekankan bagaimana cara yang dapat dilakukan agar ekonomi Indonesia tumbuh 5% pertahun. Tentunya, Erick mengajak semua pelaku usaha untuk sama-sama mendorong ekonomi baru yang potensial.

Baca juga: Bahas Kekuatan Jenama Lokal di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung: Story Telling is The Most Important Thing

Erick Thohir Sebut 3 Kunci Dorong Pertumbuhan Ekonomi


Pertumbuhan ekonomi negara Indonesia perlu didorong dengan adanya ekonomi-ekonomi baru yang potensial sehingga mampu mencapai level pertumbuhan 5% setiap tahunnya. Hal tersebut diungkap oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

“Kalau Indonesia harus tumbuh 5% setiap tahun, kita harus mendorong ekonomi-ekonomi baru yang sangat potensial,” ujarnya Erick Thohir.

Ia menyampaikan, hal pertama yang harus didorong adalah hilirisasi sumber daya alam kita yang sekarang telah menjadi industrialisasi.

“Kedua kita ini negara agriculture, negara juga kelautan. Dimana dengan supply chains makanan di dunia yang hari ini sedang gonjang ganjing tarik menarik rantai pasok. Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia, artinya kita harus mendorong industri yang namanya pertanian,  dan kelautan kita. Kita harus menjadi perbaikan pertumbuhan,” tuturnya.

Ketiga, Erick juga menyebutkan bahwa ekonomi digital Indonesia akan berkembang sangat pesat di tahun 2030. Ia optimis bahwa Indonesia mampu menjadi negara nomor satu di Asia Tenggara dalam digital ekonomi.

“Tiga digital ekonomi kita, yang dimana ekonomi digital kita itu, akan mencapai 4.500 triliun tahun 2030. Kita akan menjadi negara nomor satu di Asia Tenggara dengan digital ekonomi yang kurang lebih 40% dari seluruh digital ekonomi di Asia Tenggara,”

“Ketiga, yang namanya industri kreatif itu akan menjadi pertumbuhan ekonomi baru seperti jejaring ICCN,” sambungnya.

Rakornas ICCN 2022


ICCN menggelar rangkaian rakornas selama tiga hari di Jakarta mulai tanggal 27 hingga 29 September 2022. Acara ini menghadirkan perwakilan pemimpin forum kreatif dari 240 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kegiatan hari pertama diselenggarakan di Gedung SMESCO, Jakarta membahas tentang koordinasi daerah rakornas hingga hasil rakornas ICCN.

Di hari kedua, kegiatan dilakukan di iNEWS Tower dan menghadirkan sejumlah tokoh nasional hingga daerah. Beberapa pembicara yang hadir diantaranya, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio.

Baca juga: Hadir di Acara Rakornas ICCN 2022, Teten Masduki: Saatnya Kita Leading di Semua Sektor

Selain itu ada pula CTO MNC Group Yudi Hamka, Staf Khusus Presiden dan Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, dan Ketua Jakarta Creative City Forum, Handoko Hendroyono.

Sedangkan di hari ketiga, para peserta rakornas akan berkunjung ke POS BLOC, M BLOC Space, serta Sarinah.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30