Hadir di Acara Rakornas ICCN 2022, Teten Masduki: Saatnya Kita Leading di Semua Sektor

Hadir di Acara Rakornas ICCN 2022, Teten Masduki: Saatnya Kita Leading di Semua Sektor

Ajeng Conny Pradestina
2022-09-28 11:42:12
Hadir di Acara Rakornas ICCN 2022, Teten Masduki: Saatnya Kita Leading di Semua Sektor
Rakornas ICCN 2022

Menteri Kooperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki menghadiri acara rakornas Indonesia Creative City Network (ICCN) hari ke-2 yang digelar di iNEWS Tower, Rabu, 28 September 2022.

Teten Masduki memberikan sambutan mengenai produk lokal Indonesia dalam acara yang mengusung tema Jejaring Lokal Keren tersebut. Rakornas ICCN dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai tanggal 27 hingga 29 September 2022 di Jakarta.

Baca juga: Hadir di Seminar ICCN, Angela Tanoesoedibjo: Indonesia Sangat Serius Garap Ekonomi Kreatif

Rakornas ICCN 2022 Jejaring Lokal Keren


ICCN menggelar rangkaian rakornas selama tiga hari di Jakarta mulai tanggal 27 hingga 29 September 2022. Acara ini menghadirkan perwakilan pemimpin forum kreatif dari 240 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kegiatan hari pertama diselenggarakan di Gedung SMESCO, Jakarta membahas tentang koordinasi daerah rakornas hingga hasil rakornas ICCN.

Di hari kedua, kegiatan dilakukan di iNEWS Tower dan menghadirkan sejumlah tokoh nasional hingga daerah. Beberapa pembicara yang hadir diantaranya, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio.

Selain itu ada pula CTO MNC Group Yudi Hamka, Staf Khusus Presiden dan Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, dan Ketua Jakarta Creative City Forum, Handoko Hendroyono.

Sedangkan di hari ketiga, para peserta rakornas akan berkunjung ke POS BLOC, M BLOC Space, serta Sarinah.

Sambutan Menteri Teten Masduki


Di depan ratusan jejaring lokal ICCN yang hadir, Menkop UKM Teten Masduki menyebutkan bahwa produk lokal Indonesia yang dimiliki oleh UMKM di berbagai daerah akan menjadi kekuatan bagi Indonesia dalam persaingan di dunia global. Ia juga ingin Indonesia untuk menjadi pemimpin di seluruh sektor dengan mengembangkan budaya yang ada.

“Saatnya kita leading di semua sektor, saatnya kita mengali sumber daya lokal, saatnya kita menggali, mengembangkan culture kita yang sangat kaya menjadi keunggulan kita dalam persaingan global,” ujar Teten Masduki.

Indonesia Bisa Mempengaruhi Lifestyle Dunia


Dengan banyaknya produk lokal di Indonesia, Teten Masduki ingin memaksimalkan pengaruhnya ke dunia. Ia bangga melihat fenomena saat ini dimana pemuda Indonesia kian bangga menggunakan produk lokal dibanding membeli produk asing.

“Di Era digital dimana lifestyle akan sama di seluruh dunia, ini penting temen-temen ICCN bagaimana kita punya penetrasi, mempengaruhi lifestyle dunia dengan kita punya culture,” ungkap Teten Masduki.

“Kita yang sekarang harus bangga dengan diri kita sendiri, kita juga harus aktif memengaruhi lifestyle dunia. Oleh karena itu saya berharap banyak dengan temen-temen ICCN, kalian adalah unsur maju dari masing-masing daerah kalian. Kalian punya branding yang sangat kuat, kalian kreatif,” sambungnya.

Baca juga: ICCN Gelar Seminar Local Creative Destination As Future Tourism, Fiki Satari: Kreativitas Hadir dengan Perbedaan

Menurut Teten Masduki, Indonesia kini unggul di produk lokal berbasis kreativitas. Ia ingin mendorong produk lokal lainnya yang berbasis teknologi dan sains. Jika keduanya dikuasai maka Indonesia mampu menjadi pemimpin di tahun 2045.

“Saya ditugaskan oleh Pak Jokowi untuk menyiapkan Indonesia menjadi negara maju, selain pembangunan infrastruktur, SDM, nah yang kita siapkan yang ditugaskan kepada Saya, Pak Erick Thohir, Pak Sandiaga Uno, Pak Tito adalah menyiapkan satu juta entreupeneur baru. Entrepreuner mapan, dan saya ingin gandeng temen-temen kreatif ini (jejaring ICCN),” tutur Teten Masduki.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30