Bahas Kekuatan Jenama Lokal di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung: Story Telling is The Most Important Thing

Bahas Kekuatan Jenama Lokal di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung: Story Telling is The Most Important Thing

Ajeng Conny Pradestina
2022-09-28 17:42:32
Bahas Kekuatan Jenama Lokal di Rakornas ICCN 2022, Putri Tanjung: Story Telling is The Most Important Thing
Putri Tanjung

Staf Khusus Presiden Republik Indonesia sekaligus Dewan Kehormatan Indonesia Creative City Network (ICCN) Putri Tanjung menjadi salah satu pembicara dalam acara Rakornas ICCN 2022 yang berlangsung di iNEWS Tower, Rabu, 28 September 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Putri Tanjung yang telah cukup lama bergelut di dunia industri kreatif membagikan pengalamannya pada ratusan perwakilan jejaring lokal ICCN. Ia menyebutkan salah satu kunci terpenting agar produk lokal Indonesia dapat bersaing di luar negeri adalah story telling atau cerita di balik produk itu sendiri.

Rakornas ICCN berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 27 hingga 29 September 2022 di Jakarta.

Baca jugaHadir di Acara Rakornas ICCN 2022, Teten Masduki: Saatnya Kita Leading di Semua Sektor

Rakornas ICCN 2022 Jejaring Lokal Keren



ICCN menggelar rangkaian rakornas selama tiga hari di Jakarta mulai tanggal 27 hingga 29 September 2022. Acara ini menghadirkan perwakilan pemimpin forum kreatif dari 240 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kegiatan hari pertama diselenggarakan di Gedung SMESCO, Jakarta membahas tentang koordinasi daerah rakornas hingga hasil rakornas ICCN.

Di hari kedua, kegiatan dilakukan di iNEWS Tower dan menghadirkan sejumlah tokoh nasional hingga daerah. Beberapa pembicara yang hadir diantaranya, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Ketua Dewan Pengarah ICCN Wishnutama Kusubandio.

Selain itu ada pula CTO MNC Group Yudi Hamka, Staf Khusus Presiden dan Dewan Kehormatan ICCN Putri Tanjung, Ketua Umum ICCN Fiki Satari, dan Ketua Jakarta Creative City Forum, Handoko Hendroyono.

Sedangkan di hari ketiga, para peserta rakornas akan berkunjung ke POS BLOC, M BLOC Space, serta Sarinah.

Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia Dipengaruhi Teknologi


Selaku entrepreneur muda di Indonesia, Putri Tanjung menjadi saksi bahwa industri kreatif di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat.

“Jadi dulu aku inget banget bikin Forum Kreatif itu yang dating 2014 Cuma 200 orang, trus lama-lama akhirnya kita kemarin di tahun 2021 kita bikin tapi kita online yang dating itu ada 1,5 juta pelaku industri kreatif dari seluruh Indonesia. Dan itu menurut aku mengagumkan sekali dimana begitu pesatnya anak-anak Indonesia sekarang yang mau menjadi seorang pelaku industri kreatif,” ungkap Putri Tanjung.

Dengan perkembangannya yang pesat, industri kreatif juga turut terdampak dari perkembangan teknologi. Hal ini mau tidak mau membuat para pelaku usaha harus terus memutar otak agar dapat bersaing dan beradaptasi dengan teknologi itu sendiri.

Meski begitu, Putri menyebutkan bahwa disrupsi teknologi yang terjadi saat ini justru memberikan peluang yang sangat besar untuk kita membawa produk lokal bersaing ke internasional.

“Sekarang ngomongin soal industri kreatif ya sangat terdisrupsi oleh terknologi, kita tahun disrupsi teknologi sangat luar biasa sekarang dengan adanya AI dengan adanya internet of things, dengan adanya semua serba global. Society kita juga sekarang udah sharing economy, dimana semuanya disrupsi teknologi jadi mengguncang segala sesuatu tapi opportunitynya jadi luar biasa besar sebenarnya,” ujarnya.

Tren Penggunaan Produk Lokal di Indonesia


aat ini, tren penggunaan produk lokal di Indonesia telah semakin banyak. Putri Tanjung membeberkan bahwa disaat tren penggunaan produk lokal yang semakin banyak, kita perlu memperhatikan ekosistem di sekitar pelaku usaha agar dapat bersaing dengan produk asing.

“Diri kita sebagai pengusaha atau sebagai orang yang punya karier di industri kreatif kita berusaha sekuat tenaga untuk membuat produk atau services yang sekelas dunia yang bisa dipakai bukan hanya di Indonesia tapi di luar negeri juga. Tapi ekosistem di sekelilingnya juga harus membantu,” Kata Putri Tanjung.

Putri sempat menceritakan pengalamannya mengadakan acara JakartaXBeauty dimana produk beauty lokal dari Indonesia sudah sangat baik dan banyak. Namun para pelaku usaha belum dapat melakukan ekspor karena hambatan di biaya packaging yang mahal dan juga kapasitas pabrik.

Baca juga: Hadir di Seminar ICCN, Angela Tanoesoedibjo: Indonesia Sangat Serius Garap Ekonomi Kreatif

“Kemarin baru aja kita bikin JXB, JakartaXBeauty kita bikin the biggest beauty festival di Asia Tenggara dan 80% itu produk lokal. 80% loh teman-teman, ada 200 produk dan sangat luar biasa sekali. Dan produknya ga kalah dengan produk luar,” tutur Putri.

“Kemarin seneng banget Pa Teten dating ke acara itu ngobrol sama banyak sekali beauty product owners dan Pa Teten berjanji membantu semua prosesnya itu agar di exportnya lebih gampang. Nah itu yang aku juga lumayan seneng ya, pemerintah sekarang sudah mulai baik untuk mendorong ke arah sana,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Putri Tanjung menyebutkan kunci kekuatan dari sebuah produk lokal Indonesia adalah cerita dibalik produk itu sendiri. Ia menyebutkan bahwa story telling adalah hal yang terpenting agar produk lokal lebih kuat untuk dipasarkan di luar negeri.

“Yang paling penting adalah story telling atau narasi yang diceritakan. Jadi aku abis research, apasih yang membedakan kita sekalu human being dengan yang lainnya adalah kemampuan kita untuk bernarasi. Itu yang the most powerfull thing,” ujar Putri.

“Jadi intinya adalah power of story telling itu the most important thing untuk kita bisa bukan Cuma menjadi pemain disini tapi juga menjadi pemain di luar,” pungkasnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30