5 Pilihan Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba Saat Mudik Lebaran

5 Pilihan Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba Saat Mudik Lebaran

Ajeng Conny Pradestina
2022-05-02 10:00:00
5 Pilihan Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba Saat Mudik Lebaran
Selat Solo Mbak Lies (foto: instagram/@selat.mbaklies)

Inilah 5 pilihan kuliner di Solo yang wajib dicoba saat mudik lebaran.

Kota Surakarta atau yang juga dikenal dengan Kota Solo merupakan salah satu destinasi mudik yang banyak dikunjungi oleh para perantau. Tak hanya itu, Solo juga menjadi salah satu pilihan kota wisata di Jawa Tengah selain Yogyakarta dan Semarang.

Baca juga: Berniat Mudik Ke Lampung? Jangan Lupa Icip 5 Kuliner Khas Lampung yang Cocok Jadi Takjil Buka Puasa

Nah bagi anda yang sedang mudik ke Solo atau berencana liburan ke Solo saat libur lebaran ini, ada baiknya mencicipi beberapa rekomendasi kuliner khas Solo berikut ini.

1. Serabi Notosuman


Serabi Notosuman adalah salah satu kuliner legendaris yang terkenal di kota Solo. Kuliner ini telah hadir sejak tahun 1923 dan populer di kalangan wisatawan. Seluruh serabi juga dimasak secara tradisional, yakni menggunakan tungku kecil. Adonan seabi berbahan dasar tepung beras dan santan serta memiliki dua pilihan rasa, yakni original (polos) dan cokelat.

2. Selat Solo Mbak Lies


Plihan kuliner lainnya di Solo adalah Selat Solo Mbak Lies. Lokasi wisata kuliner Solo satu ini berada sedikit jauh dari area publik, tepatnya berada di Gang II No 42, Serengan.Selat Solo adalah sajian makanan yang terdiri dari potongan daging sapi masak semur, galantin, telur rebus, wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar mentimun dan irisan bawang merah.

3. Sate Kambing H. Bejo


Sate buntel daging merupakan salah satu pilihan menu di rumah makan Sate Kambing H. Bejo. Sate buntel adalah daging kambing cincang yang dibuntel (buntel dalam Bahasa Jawa artinya bungkus) dengan lemak kambing yang kemudian dibakar.

Kuliner ini menjadi salah satu yang wajib dicicipi jiga singgah di Kota Solo. Selain sate buntel, menu lainnya ada gule, tongseng, tengkleng.

4. Timlo Sasto


Timlo merupakan salah satu kuliner khas kota Solo. Makanan ini sejenis sup berkuah kaldu bening yang disajikan dengan daging ayam suwir, hati dan ampela, sosis solo, dan potongan telur pindang. Salah satu tempat populer dan terjamin kualitasnya adalah Timlo Sastro di Jl. Kapten Mulyadi No. 8, belakang Pasar Gede, Solo.

Baca juga: Inilah Kuliner Tradisional Ramdan asal Yogyakarta Yang Cocok Untuk Dijadikan Menu Takjil, Kicak Hingga Jenang Mutiara

5. Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer


Nah kuliner yang satu ini sudah sangat populer karena lokasinya juga sangat strategis yakni di bagian utara gapura pasar Klewer. Tengkleng Bu Edi ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan olahan jeroan kambing dan tulang belulang, lalu disiram kuah kuning. Anda bisa mencicipi tengkleng bu Edi setelah berkeliling di Pasar Klewer.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24