Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal, Wajib Tahu!

Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal, Wajib Tahu!

Nur Tiffany Ariana
2022-04-19 20:31:06
Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal, Wajib Tahu!
Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal (Foto Istimewa)

Zakat dalam Islam dibagi menjadi dua jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Berikut perbedaan zakat fitrah dan zakat mal yang wajib diketahui.

Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal kerap ditanyakan oleh umat Islam. Zakat adalah bagian harta yang wajib dikeluarkan umat Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya.

Harta yang dikenakan zakat harus memenuhi syarat sesuai ketentuan syariat Islam, yaitu, harta milik sendiri, harta yang diperoleh dengan cara yang halal, serta cukup nisab zakat dan haul.

Hukum pengenaan kedua zakat ini adalah wajib karena masuk ke dalam rukun Islam.

BACA JUGA: Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah untuk Pemberi Zakat, Lengkap Huruf Latin dan Artinya


1. Sebab penamaan


Dilansir dari buku 10 Perbedaan Antara Zakat Maal dan Zakat Fithr oleh Isnan Ansory, zakat mal berasal dari Bahasa Arab yang berarti harta. Sementara kata zakat fitrah adalah berada di penghujung bulan Ramadhan.

Dengan demikian, perbedaan zakat fitrah dan zakat mal adalah zakat mal dikeluarkan karena adanya harta sedangkan zakat fitrah dikeluarkan untuk menandai berakhirnya ibadah puasa Ramadhan.


2. Pengenaan zakat


Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal adalah ada pada pengenaan zakatnya. Zakat fitrah dikenakan oleh setiap Muslim yang mampu mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sementara, zakat mal dikenakan untuk umat Islam yang memiliki jumlah harta tertentu dan sudah mencapai haul. Harta di sini bisa berupa uang, emas, perak, hasil ternak, saham, hingga hasil pertanian.


3. Jumlah barang yang dizakatkan


Barang yang dizakatkan pada zakat fitrah adalah makanan pokok berupa beras, gandum, jagung yang biasa dikonsumsi sebanyak 2,5 kilogram atau uang tunai setara dengan harga makanan pokok tersebut.

Sementara barang yang dizakatkan pada zakat mal adalah tergantung harta kekayaan yang menjadi obyek zakat. Misalnya 40 ekor kambing atau domba harus dizakatkan dengan 1 ekor anak kambing berusia 1 tahun. Pada zakat penghasilan, zakat emas dan perak, serta zakat perdagangan harus setara dengan nilai 85 gram emas atau 2,5 persen dari harta yang tersimpan selama setahun.


4. Tujuan zakat


Perbedaan zakat fitrah dan zakat mal adalah ada pada tujuan zakatnya, yaitu zakat fitrah untuk memberi makan golongan miskin di Idul Fitri dan menghapus perbuatan sia-sia selama Ramadhan, sedangkan tujuan zakat mal adalah membersihkan harta dari hak orang lain.


5. Waktu membayar zakat


Sesuai namanya, waktu membayar zakat fitrah adalah penghujung bulan Ramadhan dan menjelang shalat Idul FItri. Sedangkan waktu membayar zakat mal adalah jika harta sudah mencapai haul atau dimiliki selama satu tahun.


BACA JUGA: Ini Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap Arab dan Latinnya, Untuk Diri Sendiri hingga Keluarga

Nah, itulah perbedaan zakat fitrah dan zakat mal yang wajib diketahui. Semakin paham kan dengan penjelasannya?


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30