Daftar Kuliner Khas Ramadan di Berbagai Negara, Ada Kolak hingga Shorbat Adas

Daftar Kuliner Khas Ramadan di Berbagai Negara, Ada Kolak hingga Shorbat Adas

Nur Tiffany Ariana
2022-04-07 16:14:48
Daftar Kuliner Khas Ramadan di Berbagai Negara, Ada Kolak hingga Shorbat Adas
Daftar Kuliner Khas Ramadan di Berbagai Negara (Foto Istimewa)

Berikut ini daftar kuliner khas Ramadan yang trdapat di berbagai negara mulai kolak dari Indonesia hingga Shorbat Adas khas Timur Tengah.

Bulan Ramadan merupakan bulan spesial yang selalu dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia.

Membicarakan bulan suci ini, rasanya kurang pas jika tak membahas soal kuliner-kuliner khas Ramadan dari berbagai negara.

Kuliner khas Ramadan ini menjadi menu andalan yang wajib ada saat berbuka puasa maupun sahur, karena rasanya yang lezat.

BACA JUGA: Daftar Menu Sahur Terbaik Sesuai Golongan Darah, Dijamin Sehat

Apa saja daftar kuliner khas Ramadan yang terdapat di berbagai negara? Simak info selengkapnya yang sudah dirangkum Correcto.id.


1. Kolak


Kolak merupakan kuliner kahs Ramadan yang berasal dari Indonesia. Kolak menjadi menu berbuka yang sering dijumpai. Minuman ini terbuat dari santan, gula aren, daun pandan, ubi dan pisang yang memiliki rasa manis.


2. Samosa


Kuliner khas Ramadan selanjutnya adalah Samosa yang berasal dari kawasan Asia Tengah. Samosa terbuat dari kulit yang diisi dengan daging cincang atau kentang tumbuk serta dibumbui rempah-rempah seperti ketumbar dan wijen.


3. Harees


Menu khas Ramadan dari Uni Emirat Arab ini adalah Harees. Hares terbuat dari olahan daging domba atau ayam yang sangat disukai masyarakat sekitar.


4. Shami


India juga memiliki menu hidangan khas Ramadan yang bernama Shami. Shami merupakan makanan yang terbuat dari olahan daging kambing atau sapi yang digiling dan dibumbui degan rempah-rempah seperti merica, bawang putih, kayu manis, jahe, ketumbar, cabai hijau, jintan dan juga cengkeh.


5. Shorbat Adas


Kemudian ada Shorbat Adas yang merupakan kuliner khas Ramadan yang berasal dari Timur Tengah. Makanan berupa sup ini terbuat dari kacang lentil merah yang dipadukan dengan bumbu rempah seperti kayu manis, lemon, kunyit, dan jintan.


BACA JUGA: Daftar Buah-Buahan Bisa Dimakan Saat Sahur, Dijamin Bikin Tak Lemas Saat Puasa

Nah, itulah daftar kuliner khas Ramadan yang trdapat di berbagai negara mulai kolak dari Indonesia hingga Shorbat Adas khas Timur Tengah.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30